Terbaru

9 Warga Australia Yang Hilang di Perairan Sarangbaung Ditemukan Selamat

9 Warga Negara Australia yang selamat
|Foto: istimewa
Nias Utara,- 9 orang warga negara Australia dan 3 ABK yang sebelumnya dikabarkan hilang saat hendak berlayar ke Ujung Lolok, Kepulauan Banyak dengan menumpang kapal kayu milik warga akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, Kamis (23/08/2018).

Informasi penemuan kapal KM Jaya milik warga atas nama Okta Derita itu dibenarkan Koordinator Pos SAR Nias Tonggor Gultom melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/08/2018). 

"Dari hasil koordinasi dengan Lanal Nias, KSOP Gusit, Satgas SAR Pulau Banyak, Kantor SAR Banda Aceh, KN Nakula, Pemilik Ressort di Pulau Banyak dan Keluarga Korban hingga tangg 23 Agustus 2018 pukul 01.30 WIB, diperoleh info bahwa kapal mngalami kerusakan mesin dan habis baterai di perairan Pulau Sarangalung (sebelah utara Pulau Sarangbaung) pada tanggal 21 Agustus 2018 pukul 18.00 Wib," jelas Tonggor.

Nakhoda, anak buah kapal dan seluruh warga negara Australia telah berhasil dievakuasi oleh pihak ressort bersama keluarga korban ke Pulau Banyak dalam keadaan selamat pada tgl 22 Agustus 2018 pukul 23.00 WIB tadi malam.

"Warga Australia sudah berada di ressort Pulau Banyak dan WNI sudah bersama pihak keluarga di Desa Ujung Sialit, Kabupaten Singkil, Aceh," ujarnya. 

Sedangakn kapal yang sebelumnya telah ditinggalkan lego jangkar di perairan Sarangbaung telah ditarik ke Desa Ujung Sialit, Kabupate Singkil, Aceh.

"Dengan telah ditemukannya seluruh korban dalam keadaan selamat, kami mngusulkan utk menutup operasi SAR," tambahnya.  

Seperti diberitakan sebelumnya, Sebuah kapal kayu KM. Jaya milik Okta Derita dengan dengan mesin 6GT dikabarkan hilang di perairan Pulau Sarangbaung, Kabupaten Nias Utara, Rabu (22/08/2018). Kapal kayu ukuran 3x14 meter itu membawa 9 warga negara Australia yang hendak berlayar ke Ujung Lolok, Kepulauan Banyak. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara