Terbaru

Putra Hidayat Zebua: Jaga dan Lestarikanlah Budaya Nias

Ketua TMP Gunungsitoli Putra Zebua |Foto:
Ferry Harefa
Gunungsitoli,- Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Kota Gunungsitoli, Putra Hidayat Zebua mengatakan bahwa Budaya Nias harus tetap dijaga, dipelihara dan dilestarikan secara terus menerus dan turun temurun.

Hal itu dikatakannya pada saat menyampaikan sambutan pada pelaksanaan Lomba Seni Tari Kreasi Tradisional Nias bertempat di taman Ya'ahowu Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sabtu (25/08/2018).

"Kebudayaan Nias wajib dan harus tetap kita jaga dan kita lestarikan bersama. Seperti halnya budaya tari-tarian tradisional yang kita lombakan saat ini. Sehingga ciri khas sebagai Ono Niha pun tetap lestari," paparnya.

Ditambahkannya bahwa sesungguhnya Organisasi TMP yang notabene merupakan organisasi sayap partai PDI Perjuangan merasa memiliki kewajiban untuk mengambil peran dalam mewujudkan dan menjaga kelestarian budaya Nias.

"Maka untuk itulah kita menggagas kegiatan lomba Seni Tari Kreasi Tradisional Nias ini sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan dukungan dalam menjaga budaya Nias kita khususnya di Kota Gunungsitoli," tambahnya.

Selain itu, Putra juga menjanjikan akan menjalin kordinasi dengan pihak Pemerintah  yakni Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli terkait tindaklanjut dan pemberdayaan kelompok sanggar yang jadi juara pada lomba tersebut.

"Untuk juara 1 nantinya akan tampil lagi pada acara pergelaran Seni Budaya yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli pada bulan September 2018 mendatang. Pada kesempatan ini juga saya menghimbau agar Sanggar yang baru terbentuk di Kota Gunungsitoli sebaiknya mendaftarkan sanggarnya di Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli," himbau Putra.

Untuk diketahui, berikut daftar nama-nama sanggar yang meraih kejuaraan pada lomba tersebut yakni : 

1. Juara I Sanggar Hulayo
2. ‎Juara II Sanggar Omega Star
3. ‎Juara III Sanggar Aforeteholi
4. ‎Juara Harapan I Sanggar Lembaga Pengembangan Budaya Nias IKIP Gunungsitoli
5. ‎Juara Harapan II Sanggar Laria 

Juara Favorit
1. Sanggar Ombu-Ombu
2. ‎Sanggar Osara
3. ‎Sanggar Saita Garamba
4. ‎Sanggar La-Orahu Tumöri
5. ‎Kelompok Seni Tari SMA N.1 Gunungsitoli. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara