Terbaru

Pemuda Asal Pulau Nias ini Raih Medali Perunggu Pada Asian Para Games 2018

Herman Halawa (kiri) bersama temannya
|Foto: bola.com

Nias,- Perhelatan pertandingan olahraga se-Asia untuk kalangan disabilitas atau yang disebut juga dengan Asian Para Games 2018 yang sedang berlangsung di Jakarta menyertakan salah satu putra Nias dari Kabupaten Nias Selatan yaitu Herman Halawa.

Dikutip dari niassatu.com, dalam pertandingan yang digelar Senin (8/10/2019) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Herman berhasil menorehkan prestasi terbaiknya dengan menempati peringkat ketiga dan memboyong medali perunggu.

Herman meraih perunggu di nomor Men Blind Individual Time Trial dengan catatan waktu 32 menit 03,287 detik. Herman sendiri merupakan penyandang tunanetra pada salah satu matanya.

Dari berbagai informasi yang dihimpun redaksi Nias Satu, partisipasi dalam Asian Para Games 2018 adalah ajang internasional pertama yang diikuti Herman.

Yang menarik, Herman sebelumnya justru lebih dulu menekuni cabang olahraga judo dan renang sebelum akhirnya maju di cabang olahraga balap sepeda (para-cyling).

Di awal karirnya di cabang Judo, Herman berhasil menorehkan prestasi dengan meraih medali perunggu pada Peparnas 2016 di Bandung pada 2016. Lalu, kemudian beralih ke cabang renang dengan meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan satu medali perunggu pada Kejurnas 2017 di Bandung.

Keikutsertaan Herman di Asian Para Games 2018 merupakan utusan dari National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara. Herman diutus mengikuti pelatnas untuk mewakili Indonesia bersama 18 atlit lainnya dari berbagai cabang olahraga.
Mereka adalah Rahayu, Nurtani Purba, Nurul Amaliah Tambi Sibarani, Anto Boy (angkat berat), Nasib Farta Simanja, Roslinda Manurung, Wilma Margaretha Sinaga, Aisah Wijayanti Putri (catur), Suryadi Siagian, Etry Siska (judo). 

Kemudian Eko Saputro, Riadi Saputra, Alan Sastra Ginting, Putri Aulia (atletik), Nina Gusmita (voli duduk), Susilawati (tenis meja), dan Dean Pinta Uli (renang).
Herman berasal dari Desa Dao-Dao Sowo, Kecamatan Hilimegai, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Pria kelahiran 20 April 1993 adalah putra dari pasangan Bapak Foloaro Halawa dan Ibu Finaati Laia. (red/rls/ns1)

Berita ini telah tayang di media online www.niassatu.com.

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara