Terbaru

AKNIRA Laksanakan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa Baru

Kuliah umum AKNIRA |Foto: Haogo
Zega
Nias Utara,- PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara (Aknira) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh melaksanakan kegiatan Kuliah Umum kepada mahasiswa baru 2019/2020, di Aula Kantor Bupati Nias Utara, kamis (26/9/2019).

Tema kuliah umum yang digelar oleh Aknira itu adalah Pengembangan potensi lokal berbasis pertanian, peternakan, dan perikanan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nias utara.

Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara saat membuka secara resmi kegiatan kuliah umum itu menyampaikan pada kegiatan tersebut peserta didik mahasiswa baru diperkenalkan cara-cara berwirausaha, mandiri dan berinovasi sesuai dengan program study yang pilih.

"Dalam perkuliahan, mahasiswa tidak hanya belajar tentang materi kuliah untuk mendapatkan nilai dan ijazah, akan tetapi pergaulan mahasiswa dalam dunia kampus juga bermanfaat untuk mengembangkan
kepribadian dan merubah sudut pandang kita terhadap suatu hal ke arah yang lebih baik," katanya.

M Ingati Nazara juga menyampaikan bahwa saat ini untuk sukses di era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa mahasiswi baru harus benar-benar berani keluar dari zona nyamannya selama ini, Fokusnya tidak lagi sekedar memiliki pengetahuan yang cukup tetapi harus memiliki keterampilan yang memadai, kompetensi manajerial kemampuan kerjasama, kemampuan membangun jejaring yang luas, kemampuan mengadaptasi kemajuan teknologi informasi, dan keahlian yang mendukung lahirnya kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan belajarnya dan tentu saja mampu menjawab tantangan zaman.

"Sebagai mahasiswa mahasiswi baru PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara Tahun Akademik 2019/2020, ada beberapa hal yang harus diaplikasikan yakni mengasah kemampuan intelektual, aktif berorganisasi, meningkatkan skill, dan membangun sikap atau akhlak mulia. Mengenyam pendidikan pada Perguruan Tinggi Diploma bukan hanya diarahkan pada tataran belajar menemukan jati diri, dan mengaplikasikan pengetahuan pada kehidupan yang nyata, tapi lebih dari itu menjangkau pada belajar membentuk sikap hidup dalam kebersamaan," tambah Ingati kepada seluruh mahasiswa baru Aknira.

Koordinator PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara, Agusman Zebua, SPd, MPd pada pelaksanaan kegiatan Kuliah Umum itu menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kabupaten nias utara yang terus memberi dukungan kepada Aknira untuk terus berkembang dan menghasilkan alumni yang handal dan mandiri dibidangnya masing-masing.

"Beberapa hari sebelumnya ada isu yang tidak menentu tentang Akademi Komunitas Negeri Nias Utara ini, namun berkat pertolongan Tuhan dan dukungan dari pak Bupati semua itu telah teratasi dengan membangun komunikasi dan kerja sama di Universitas Sumatera Utara, bahkan nantinya Aknira ini akan meningkat dari Diploma dua menjadi Strata satu," jelas Agusman.

Untuk diketahui, peserta kuliah umum yang dilaksanakan oleh PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara itu mencapai dua ratus lebih termasuk mahasiswa baru. 

Hadir pada kegiatan kuliah umum itu, Bupati Nias Utara M Ingati Nazara, Asisten Filifo Harefa, Kepala Dinas Pendidikan Zul Makmur Telaumbanua, Kepala Dinas Pariwisata Bazisochi Hulu, Kasatpol PP Emala Zebua, beberapa Kepala SKPD lainnya dan Narasumber dari sektor pertanian, peternakan dan perikanan. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara