Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Yerniman Gulo Putri Pariwisata Nusantara Terfavorit 2019

Yerniman Gulo saat ajang putri pariwisata
Nusantara 2019 |Foto: istimewa 
Nias Barat,- Namanya Yerniman Gulo. Putri Nias berprestasi dikancah Nasional dan patut menjadi Inspirasi. Ia Lahir di Desa Terpencil yaitu Desa Hilisoromi Kecamatan Moroo pada 6 Oktober 1996 dari orang tua yang hanya berprofesi sebagai Petani, tidak membuat Yerniman tidak berprestasi.

Yerniman yang menyelesaikan Diploma III di Akademi Pariwisata Negeri Medan pada 2017 telah membawa nama harum Kepulauan Nias khususnya Kabupaten Nias Barat.

Setelah menyelesaikan study pada 2017 Ia mencoba Peruntungan mengikuti Seleksi Pemilihan Putri Pariwisata Tahun 2018 di Kabupaten Nias Barat, meskipun hanya memenangkan Runner Up 2 atau Juara 3 di Kabupaten Nias Barat, Ia tidak patah arang untuk terus belajar dan ingin berprestasi.

Diajang yang lebih tinggi, yaitu Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias pada November 2018 yang berlangsung di Telukdalam Nias Selatan, Ia berkesempatan menjadi salah seorang dari 3 orang Perwakilan Nias Barat di Ajang tersebut. Alhasil Ia menjadi Pemenang dan dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kepulauan Nias.

"Puji Tuhan, di Ajang Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat saya Hanya Meraih Runner Up 2, tetapi di Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias saya berhasil menjadi Pemenang" Ujarnya.

Ternyata Yerniman memiliki Persiapan yang menunjang keberhasilannya. Setelah Ajang Pemilihan Putri Pariwisata Nias Barat, Ia diutus Pemkab Nias Barat mengikuti Pelatihan Sekretaris di Semarang, yang menunjang kemampuannya secara Pribadi.

"pada Pelatihan Sekretaris di Semarang, saya banyak  dilatih tentang pengembangan diri, tentang disiplin, bagaimana bersikap yang baik, bahasa tubuh yang baik, juga dilatih bagaimana cara berkomunikasi, nah hal ini salah satu modal saya di ajang lebih tinggi saat itu" tuturnya.

Selain itu, Untuk menambah kepercayaan dirinya, Yerniman melakukan diet sehat untuk memperbaiki penampilannya, dari 55 kg ke 50 kg. 

"Sebelum pemilihan Putri Kepulauan Nias saya berusaha diet dan selalu olah raga tiap pagi, dan alhasil berat badan saya turun, dari 55 kg ke 50 kg," Tambahnya. 

Perasaan santai dan tidak punya ambisi lebih juga menjadi modalnya didalam memenangkan setiap tahapan seleksi, yang penting upaya maksimal

"Lebih santai ya, harus lebih enjoy, jangan buat diri kita tertekan dengan target lebih, usaha maksimal dan kepercayaan diri saja," itu kuncinya

Yerniman yang hobby membaca dan olah raga juga dengar musik ini, menjadi perwakilan Nias Barat di Ajang Pemilihan Putri Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan berhasil meraih Juara 2 dan berkesempatan mengikuti Ajang Pemilihan Putri Pariwisata Nusantara sebagai utusan Provinsi Sumatera Utara di Jakarta dan berhasil meraih Gelar sebagai Putri Pariwisata terfavorit Tahun 2019.

Didalam mengikuti berbagai Ajang Pemilihan Putri Pariwisata baik ditingkat Daerah, Provinsi juga secara Nasional. Peserta harus mampu secara Wawasan yang luas, penampilan yang menarik, keahlian dalam catwalk dan tentunya 3B (behaviour, Beauty, brain) menjadi modal utama.

Tetapi selain kemampuan diatas Yerni memiliki rahasia yang merupakan kunci keberhasilannya, adalah doa orang tuanya.

"Sebelum dimulai seleksi apapun, saya selalu telpon orang tua minta didoakan agar berhasil dan saya yakini itu adalah kunci keberhasilan saya sampai saat ini," Jelas Yerni.

Yerni yang berprofesi sebagai CPNS hasil Perekrutan Tahun 2018 ini, meskipun mengaku sudah memiliki Pacar, ia tidak buru-buru menikah karena ia memiliki cita-cita untuk terus membahagiakan orang tuanya dan bahkan ia ingin sekali apabila mampu membantu orang tuanya menyekolahkan adik adiknya.

"Saya ingin bantu orang tua untuk nyekolahin adik adik saya. Pacar, ada. Tapi masih belum mikir kesana (Nikah)," Jawabnya. 

Iapun siap menjadi mentor bagi Junior juniornya kelak yang ingin mengikuti jejaknya agar berprestasi seperti dirinya.

Salah satu prinsip Yerni sampai saat ini adalah "Jangan menyerah pada situasi apapun". 

Yerni pun memberi Pesan Kepada masyarakat luas terkhusus buat kaum milenial kalau ingin berprestasi yakni "Tetaplah rendah hati, walaupun sudah banyak memdapat pujian, manfaatkan waktu yang ada, enjoy disetiap moment dan selalu mengadalkan Tuhan". (Eksaudin Zebua)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara