Terbaru

AKNIRA Direncanakan Menjadi PSDKU Universitas Sumatera Utara

Bupati Nias utara (tengah) Foto:
Istimewa 
Nias Utara,- Akademi Komunitas Negeri Nias Utara (AKANIRA) direncanakan menjadi Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Sumatera Utara (PSDKU USU), nantinya AKNIRA dari jenjang D2 menjadi D3 bahkan S1.

AKNIRA yang berdiri tahun 2013 berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 179/P/2013 tanggal 26 September 2013 dengan perguruan tinggi Pembina Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Sumatera Barat telah mewisuda VI Angkatan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 456 alumni.

Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara dalam sambutannya pada pelaksanaan seminar penyusunan kurikulum persiapan AKNIRA menjadi PSDKU USU, mengatakan sehubungan dengan surat Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tanggal 12 Maret 2019 tentang Pembiayaan PDD Rintisan Perguruan Tinggi Negeri yang menyatakan bahwa bantuan penyelenggaraan operasional prodi diluar domisili rintisan perguruan tinggi negeri hanya dapat dibiayai untuk mahasiswa on-going tahun ajaran 2018/2019 dan batas akhir pembiayaan untuk jenjang diploma dua akan diberikan hingga tahun anggaran 2020. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Daerah bersama dengan lembaga DPRD melakukan langkah-langkah strategis agar keberadaan Akademi Komunitas Negeri tetap bertahan, dari berbagai langkah yang direncanakan maka yang paling tepat adalah menjadikan Program Studi Diluar Kampus Utama," tutur Ingati Nazara pada seminar itu di Aula pertemuan kantor bupati (30/12/2019).

Lebih jauh Ingati menjelaskan untuk memberhasilkan rencana tersebut dan satu-satunya perguruan tinggi negeri yang terdekat dengan Pulau Nias adalah Universitas Sumatera Utara, maka Pihaknya bersama Pimpinan DPRD Nias Utara bertemu dengan Rektor USU pada 19 Agustus 2019 yang lalu di Kampus USU di Medan. 

"Salah satu dari hasil pertemuan itu adalah dengan Pembentukan Tim Persiapan Pembukaan PSDKU USU Medan di Kabupaten Nias Utara dan penyusunan proposal yang disusul dengan pelaksanaan seminar sebagaimana yang kita saksikan pada hari ini. Kita berharap rencana kerjasama yang kita bangun ini lewat program PSDKU akan ditindaklanjuti dengan penandatangan Memorandum Of Agreement (MOA) antara pihak USU dan Pemkab Nias Utara. Sehingga dengan demikian di Kabupaten Nias Utara akan hadir perguruan tinggi negeri dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga" Katanya.

Selanjutnya Ingati Nazara juga mengatakan bahwa saat ini AKNIRA memiliki tiga program studi yakni tanaman perkebunan konsentrasi tanaman karet, peternakan konsentrasi budidaya ternak potong, dan perikanan konsentrasi budidaya ikan air tawar. AKNIRA juga telah mewisuda sebanyak VI Angkatan dengan jumlah mahasiswa sebanyak 456 alumni, sedangkan tenaga dosen baik S1 maupun S2 sebanyak 49 orang. Semoga dengan kerjasama ini program studi yang ada di AKNIRA bisa ditambah satu jurusan lagi yakni Jurusan Teknologi Informasi (TI).

"Untuk mendukung keberadaan AKNIRA, Pemkab Nias Utara telah menyiapkan lahan seluas 25 hektar dan yang telah disertifikasi seluas 20 hektar, demikian juga untuk mendukung proses belajar mengajar Pemkab Nias Utara pada tahun 2018 telah membangun satu bagian dari kampus AKNIRA yang direncanakan sesuai dengan Master Plan dengan dana sebesar 5 Milyar dan saat ini telah dipakai untuk proses belajar mengajar untuk prodi pertanian. Pembangunan Kampus AKNIRA ini akan dilanjutkan pada tahun 2020 dengan dana sebesar 4 Milyar, Pemerintah daerah bersama dengan DPRD akan berkomitmen untuk mengganggarkan pembangunan AKNIRA ini setiap tahun pada APBD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," ucap Ingati.

Pada seminar penyusunan kurikulum persiapan AKNIRA menjadi PSDKU USU yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Nias Utara itu dihadiri oleh Wakil Buapti Nias Utara Haogosochi Hulu, Dekan Fakultas MIPA USU Prof.Dr.Kerista Sebayang,M.S, Dekan Fakultas Pertanian USU Dr.Ir.Hasanuddin,MS, Wakil Dekan III Fakultas MIPA USU Saharman Gea,Ph.D, Koordinator Pembina PDD Politani Payakumbuh Ir.Kresna Murti,MP, serta tenaga pengajar dari USU Fuad Hasan,M.Si, Roy Fachraby Ginting,M.Kn, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Sekda Nias Utara, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Gunungsitoli, Pimpinan OPD, Camat se Nias Utara, Kades se Nias Utara, Kepala SMA/SMK Nias Utara, Koordinator AKNIRA, Dosen, dan Staf AKNIRA. (Haog├┤ Zega)

Iklan

Loading...
loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara