Terbaru

KPU Nias Barat Lantik Panitia Pemungutan Suara di 105 Desa Pada Pilkada 2020

Pelantikan PPS se Kabupaten Nias Barat
|Foto: Eksaudin Zebua 
Nias Barat,- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Barat Efori Zaluchu melantik atau mengambil sumpah/Janji PPS di 105  Desa di Nias Barat, Minggu, 22/03/2020 di Hall Tokosa Nias Barat.

Acara didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan SK KPU Nias Barat tentang PPS, Kemudian ketua KPU Mengambil Sumpah atau Janji Seluruh PPS didampingi Oleh Pendeta, Pastor dan Ustad.

Mewakili Ketua Bawaslu Hiskiel Daeli, menyampaikan sambutan, mengharapkan agar PPS yang baru dilantik dapat menyukseskan Pilkada sesuai peraturan dengan mengedepankan integritas.

"Kami Harapkan, Teman-teman yang baru dilantik bukan menjadi Tim Sukses Paslon, diharapkan Independen, Netralitas dan Berintegritas, dan benar-benar melaksanakan sesuai peraturan," Harap Hiskiel dalam sambutannya. 

Ia juga mengingatkan agar PPS yang baru dilantik, tidak melakukan pelanggaran pidana pemilu, karena pihak Bawaslu tidak akan segan-segan menindak siapapun yang melanggar.

Ketua KPU Evori Zalukhu pada Arahannya menyampaikan Rasa syukur karena pelantikan dapat berlangsung Sukses serta mengharapkan agar PPS yang telah dilantik dapat amanah. 

"Saudara Resmi menjadi penyelenggara Pemilu di tingkat Desa, diharapkan supaya anda tidak memihak, besikap profesional dalam menjalankan tugas tetapi amanah," Harap ketua KPU. 

"Mari mengabdi dan bekerja dengan baik, sehingga penyelenggara pilkada kali ini menjadi tanggungjawab sesuai regulasi yang berlaku," tambahnya. 

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya Pelantikan PPS akan ditunda hari ini, mengingat beberapa tahapan, termasuk pelantikan PPS, PPDP dan Verifikasi Calon perseorangan ditunda oleh KPU RI. 

"Tetapi beruntung, tadi bersama Dandim diambil keputusan  karena sudah terlanjur beredar undangan dan juga sudah dilakukan persiapan, sehingga khusus Kepulauan Nias tetap dilaksanakan Pelantikan hanya 4 Daerah yang resmi dilantik hari ini di Sumatera Utara dari 23 Kab/Kota yang sebenarnya melakukan pelantikan hari ini," Jelasnya. 

Mengingat ada penundaan beberapa tahapan, Evori mengatakan Masa kerja keaktifan PPS walaupun sudah dilantik hari ini, akan diberitahukan kemudian. 

Pada kesempatan itu, ketua KPU menyampaikan selamat kepada PPS yang dilantik tanpa berjabat tangan, tetapi Ia menyampaikan agar selalu Waspada dan memperhatikan diikuti himbauan Pemerintah mengenai Covid19.

Hadir Dalam Acara Palnntikan PPS, Mewakili Pimpinan Bawaslu Nias Barat, Mewakili Dandim Danramil Sirombu. Para Rohaniawan, Seluruh Komisioner KPU, Sekretaris KPU dan  PPK di 8 Kecamatan. (Eksaudin Zebua
Tes

Iklan

Loading...
loading...