Terbaru

KPU Nias Barat Gelar Bimtek PPDP Untuk Pilkada Tahun 2020

Bimtek PPDP oleh KPU Nias Barat |Foto: Eksaudin zebua
Nias Barat,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Barat mulai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nias Barat, bertempat di Gereja BNKP Fabaliwa Sirombu, Sabtu (11/07/2020).

Bimtek yang dilaksanakan tersebut berjalan dengan Protokol Kesehatan seperti Jaga Jarak dan Memakai Masker diikuti oleh Peserta dari Kecamatan Lahomi dan Kecamatan Sirombu.

Guna menghindari kerumunan, KPU Nias Barat membagi Zona Pelaksanaan Bimtek, yang dilaksanakan Tanggal 11 Juli 2020 dan 13 Juli 2020. Dengan total Lokasi Pelaksanaan 4 Lokasi.

"Hari ini 11 Juli 2020 Bimtek berlangsung di 2 (dua) Lokasi Berbeda. Yaitu di BNKP Fabaliwa diikuti oleh PPDP dari Kecamatan Lahomi dan Sirombu, Sementara di Kecamatan Mandrehe Barat dan Moro'o dilaksanakan di Kecamatan Moro'o oleh Kmisioner KPU Famataro Zai dan Maranata Gulo," ujar Ketua KPU Nias Barat Efori Zalukhu. 

Efori Zaluchu menjelaskan Bimbingan Teknis Coklit PPDP tersebut dilakukan untuk menyampaikan beberapa himbauan dan motivasi agar Petugas yang akan terjun dilapangan dapat bekerja dengan baik dan benar.

"Bimtek dilaksanakan dalam upaya persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) per tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020," ujarnya. 

Kegiatan coklit akan dilaksanakan oleh 222 PPDP di seluruh wilayah Kabupaten Nias Barat yang tersebar di 8 Kecamatan dan 105 Desa.

Efori mengatakan bahwa PPDP yang akan melaksanakan tugas merupakan ujung tombak keberhasilan pemutakhiran data. Oleh karena itu, PPDP diharapkan serius dan memandang tugas ini sebagai tugas yang mulia.

"Kalian ujung tombak saat ini, mohon keseriusan dalam bekerja, jangan dilihat dari segi honor yang diterima karena hal Ini betul-betul pengabdian kepada negara dalam menyukseskan Pilkada di Nias Barat," Kata Efori. 

Selain itu, Efori mengharapkan agar Petugas dapat bekerja secara Independen, Jujur dan Serius. Petugas harus mendatangi rumah warga satu persatu, untuk memastikan data dengan benar.

"Petugas harus koordinasi dengan Kepala Desa tapi harap jangan kongkalikong kepada kades, harus mendatangi rumah kerumah, memastikan betul data sesuai prosedur kerja yang ada," Harap Efori.

Bimtek yang dilaksanakan hari ini di Lokasi BNKP Sirombu, diisi dengan materi yang disampaikan oleh Komisioner Richard Hia tentang bagaimana teknis dan cara kerja PPDP dilapangan dengan kelengkapan kerja dan APD sesuai Protokol kesehatan.

Pada Kesempatan itu juga, PPDP mengikuti Simulasi Coklit agar didalam melaksanakan tugas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di BNKP Fabaliwa  dihadiri oleh Ketua KPU Efori Zaluchu, Komisioner KPU Richard Hia, Nigatinia Gulo dan Sekretaris KPU Yupiter Daeli dan sejumlah staf KPU dan Peserta Bimtek PPDP. (Eksaudin Zebua

Iklan

Loading...
loading...