Terbaru

Pemdes Maliwa'a Optimis Wujudkan Desanya Jadi Desa Wisata Di Kabupaten Nias

Sanggar seni budaya di Desa Maliwa'a |Foto: Ferry Harefa 
Nias, - Pemerintah Desa (Pemdes) Maliwa'a Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias terus berupaya melakukan pembenahan dalam rangka mewujudkan cita-citanya menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Nias. Rencana tersebut pun didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat di desa itu. 

Desa Maliwa'a merupakan desa yang terus melakukan inovasi dalam hal mewujudkan desa yang tertata maju dan nyaman, aman serta SDM nya dapat diandalkan. Hal diucapkan oleh Kepala Desa Maliwa'a, Adilwan Gea saat berbincang-bincang dengan Wartanias.com bertempat di kantor Desa Maliwa'a Kecamatan Idanogawo Kabupaten Nias, Selasa (04/08/2020).  

"Kita ingin mewujudkan desa yang nyaman, asri dan bersih serta aman untuk dikunjungi. Kita ingin mewujudkan desa wisata. Karena kami melihat di wilayah kami adanya lokasi-lokasi tertentu yang pantas untuk dijadikan daerah wisata," sebut Adilwan. 

Dijelaskannya bahwa atas rencana tersebut, masyarakat desanya sangat mendukung program pemerintah desa Maliwa'a. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh masyarakat desa dalam mendukung penataan desa secara suka rela. 

"Masyarakat berinisiatif untuk ikut membuat dan menata pekarangan rumahnya dengan cara menghiasi dengan tanaman bunga, tanaman Hortikultura atau tanaman kebun dengan menggunakan biaya sendiri serta tanpa merasa terbebani," kata Adilwan memuji warganya.

Menurut dia, sejauh ini pemerintah desa Maliwa'a hanya memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, tertata, nyaman dan menarik. Karena menurutnya sebelumnya pemerintah daerah juga telah memberikan informasi tentang program desa-desa percontohan.

"Nah dari informasi itulah masyarakat desa kita tergugah hatinya. Mereka kemudian melakukan inovasi baru dipekarangan rumah, termasuk di depan gedung Sanggar Budaya milik Pemdes Maliwa'a, masyarakat juga telah membuat taman bunga juga tanaman Jagung. Dan hal inilah yang kami apresiasi dari warga kami," ucap Aldiwan.

Selanjutnya dia juga menyebutkan bahwa, realisasi program di dalam desa tidak terlepas dari sinergitas dan kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan masyarakat desa Maliwa'a.

"Sejauh ini, kita dari pihak pemerintah desa Maliwa'a mengapresiasi tindakan dari masyarakat yang dengan semangat gotong-royong mau bersama-sama mendukung cita-cita desa Maliwa'a dalam hal mewujudkan desa wisata," sebut Aldiwan.

Dia juga menerangkan bahwa, untuk menghargai inisiatif dari masyarakat tersebut, pihak pemerintah desa Maliwa'a merencanakan dukungan pemeliharaan tanaman tersebut.

"Kita programkan dukungan dalam bentuk biaya pemeliharaan seperti pupuk untuk tanaman serta pengecatan pagar-pagar tanaman tersebut agar terlihat indah. Dan sumber dananya kita ambil dari dana desa (DD)," bebernya.

Untuk seterusnya, Adilwan menyebutkan bahwa pihaknya akan terus melakukan perubahan di dalam desa termasuk rencana pembuatan profil desa. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...