Terbaru

Puluhan Masyarakat Kelurahan Saombo Diberikan Pelatihan Tata Boga


Gunungsitoli,- Untuk meningkatkan keterampilan dan bakat masyarakat, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli memberikan Pelatihan Tata Boga bagi 30 orang masyarakat Kelurahan Saombo bertempat di D’Pakar Resto, Selasa (21/06/2022).

Dalam sambutan Wali Kota Gunungsitoli yang dibacakan oleh Asisten Bidang  Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Zega, SH., M.Si menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan merupakan pokok pikiran (pokir) masyarakat Kelurahan Saombo dan menjadi salah satu program perencanaan dan pengembangan industri dalam rangka mengembangkan bakat, keterampilan dan kreativitas masyarakat.

“Hal inilah yang mendorong Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli untuk mengakan Pelatihan Tata Boga khususnya di Kelurahan Saombo Kecamatan Gunungsitoli pada Tahun Anggaran 2022,”jelasnya.

Masih disampaikannya bahwa perkembangan usaha kuliner di Kota Gunungsitoli yang semakin meningkat saat ini membuat masyarakat ingin mencari peluang usaha di bidang kuliner tersebut. Salah satu yang menjadi trend adalah usaha kuliner kue dan roti. Perkembangan tersebut tampak dari semakin maraknya bisnis kuliner yang muncul, mulai dari usaha rumahan, kaki lima, hingga cafe dan restoran.

“Pemerintah Kota Gunungsitoli menyadari bahwa untuk mengembangkan bakat, keterampilan dan kreativitas masyarakat dalam bidang tata boga, dibutuhkan keseriusan. Salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah yaitu dengan mengadakan pelatihan dan mendatangkan instruktur yang berpengalaman,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan harapan agar ibu-ibu yang mengikuti pelatihan agar berkreasi dengan memunculkan menu-menu baru yang bisa menjadi makanan khas dan oleh-oleh dari Kota Gunungsitoli. Agar pelatihan tersebut memberikan manfaat dan melahirkan usaha-usaha kecil masyarakat yang bisa memberikan kontribusi dan pilihan menu baru kepada masyarakat pengguna.

Dalam laporannya Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan bakat masyarakat dibidang tata boga, membangun keterampilan dan kreativitas, mendorong terbukanya peluang usaha, meningkatkan peluang usaha dalam bidang cake, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Gunungsitoli pada umumnya dan peningkatan pendapatan keluarga pada khususnya.

Adapun warga Kelurahan Saombo yang menjadi peserta pelatihan tersebut adalah warga lingkungan I sebanyak 8 orang, Lingkungan II sebanyak 14 orang dan Lingkungan III sebanyak 8 orang. Sementara instrukturnya adalah pelaku usaha kue yang telah memiliki sertifikat keahlian yakni Yuslian Harefa, SKM.

Hadir pada acara pembukaan yakni memakili Kepala Dinas Perdagangan dan Ketenagakerajaan serta mewakili Lurah Saombo.

Iklan

Loading...
loading...
 border=