Terbaru

Dinas Perinkop UKM Kota Gunungsitoli Melatih Masyarakat Dalam Menganyam


Gunungsitoli,- Untuk meningkatkan keterampilan, bakat dan kreativitas masyarakat, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli kembali menggelar Pelatihan Anyaman Pandan, Sinasa/Kiliyőmő yang di D’Pakar Resto, Senin (04/07/2022).

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan peserta lanjutan dari Pelatihan Anyaman Pandan, Sinasa/KiliyÕmÕ Tahun Anggaran 2021 dan peserta pemula, berdasarkan pendataan dan perekrutan peserta yang dilaksanakan dari tanggal 23 sampai dengan 31 Mei 2022.

Wali Kota Gunungsitoli yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Deslawati Zega, SH., M.Si dalam arahannya menyampaikan pelatihan yang dilaksanakan merupakan program Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam rangka mengembangkan industri kecil dan menengah yang dimulai dari penyiapan warga masyarakat yang memiliki bakat, keterampilan dan kreativitas khusus kerajinan tangan yang nantinya diharapkan bisa melahirkan para pelaku-pelaku usaha kecil menengah yang dapat menguasai pasar.

“Saya sangat mengharapkan keaktifan dan ketekunannya dalam mengikuti pelatihan ini. Kembangkan kreativitas dan bakatmu, jangan sia-siakan ilmu yang di dapat nantinya, implementasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga sangat mengharapkan di akhir kegiatan pelatihan ini dapat melihat adanya karya-karya yang bisa dihasilkan dan ditampilkan untuk kita pajang di Kantor Wali kota Gunungsitoli,” jelas Deslawati.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrasnasda) Kota Gunungsitoli Ny. Tini Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan ini yang dapat memberikan manfaat dan lahirnya perajin-perajin yang bisa memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan produk Anyaman di Kota Gunungsitoli.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli bersama dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang turut bekerjasama dan bersinergitas serta berkolaborasi dalam mensukseskan dan mendukung tujuan pemberdayaan dan peningkatan peran serta masyarakat untuk menjadi wiraswasta mandiri dan memulihkan kembali ekonomi masyarakat setelah pandemi,” ucap Ny. Tini Lakhomizaro.

Selanjutnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Gunungsitoli Yarniwati Gulo, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa melalui pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, kreativitas dan bakat masyarakat di bidang Anyaman terkhusus yang berbahan dasar Pandan, Sinasa, dan KiliyÕmÕ yang nantinya bisa melahirkan perajin-perajin yang siap menguasai pasar kerajinan di Kota Gunungsitoli serta mendorong terbukanya peluang usaha, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Gunungsitoli pada umumnya serta peningkatan pendapatan keluarga pada khususnya.

Instruktur dalam pelatihan ini adalah Yudinaria Waoma yang merupakan pelaku usaha D&D terkhusus dalam kerajinan Anyaman jahit menjahit dan bordir yang beralamat di Desa Mudik Kecamatan Gunungsitoli. (Red)

Iklan

Loading...
loading...
 border=