Terbaru

PKPA Kembali Gelar Festival Film dan Teater Anak

Anak yang sedang membuat film | Foto : PKPA
Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) kembali menggelar Festival Film Anak (FFA) dan Festival Teater Anak (FTA) tahun 2017 dengan tema Bisnis dan Hak-Hak Anak.  

"Tahun 2017 ini adalah ke 10 kalinya PKPA menggelar FFA dan FTA, sebagai media untuk mengkampanyekan perlindungan anak," tulis Panitia Pelaksana, Sulaiman Zuhdi Manik dalam rilisan yang disampaikan kepada wartanias, Senin (24/7/2017).

Dijelaskan tema tersebut sebagai upaya PKPA mensosialisasikan hubungan antara bisnis dan pemenuhan hak-hak anak. Karena relasi keduanya tidak sebatas pada aspek pekerja anak saja, sektor bisnis berkaitan dengan dampak positif dan negatif terhadap pemenuhan dan perlindungan anak, melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat dan pelaku bisnis semakin memahami aspek tersebut.

Ada tujuh sub tema yang dapat dipilih pelaku film atau teater yaitu peran perusahaan mendukung fasilitas dan kegiatan anak di lingkungan, aktifitas/operasional bisnis yang melanggar hak anak, peran pemerintah dan masyarakat dalam mencegah pekerja anak, pekerja anak sektor domestik, pekerja anak di sektor industri, pekerja anak di jalanan dan pelibatan anak dalam bisnis ilegal.

Untuk membantu pihak-pihak dalam pemahaman tema dan sub tema tersebut, PKPA akan melakukan workshop film dan teater pada awal Agustus 2017 di Medan, sehingga diharapkan calon peserta dapat segera mengirimkan sinopsis atau draft naskah kepada panitia. Wokshop ini dilakukan gratis atau bagi pihak yang ingin melakukan workshop sendiri di komunitas atau sekolahnya, PKPA akan menyediakan fasilitator secara gratis. 

Adapun syarat-syarat mengikuti FFA dan FTA 2017 yaitu peserta adalah tim yang terdiri dari minimal tiga orang anak dengan usia 6 - 18 tahun berdomisili di wilayah Sumatera, tim didampingi orang dewasa misalnya guru,orang tua,staf lembaga pendamping anak. Seluruh proses produksi film dilakukan oleh anak dimana orang dewasa hanya sebagai pembimbing dan peserta wajib mengisi formulir dan mengikuti tahapan kegiatan FFA dan FTA. 

“Deadline penyerahan berkas lomba pada 29 September 2017 sementara penganugrahan kepada pemenang FFA dan FTA 2017 pada 21 Oktober 2017, bertepatan dengan perayaaan hari ulang tahun PKPA ke 21. Informasi lengkap dapat menghubungi panitia melalui telepon, SMS atau WA ke nomor  082304007061, facebook festivalfilmanak atau mengakses di www.pkpaindonesia.org”, tulis Sulaiman(Feri Harefa/rilis)

Iklan

Loading...
 border=