Terbaru

Sihar Sitorus: Bakara Merupakan Kawasan Penuh Inspirasi

Sihar saat berkunjung ke Bakara |Foto:
Istimewa
BAKARA - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut dua, Sihar Sitorus kagum dengan keindahan Bakara, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas). Kunjungan di kawasan kerajaan Sisingamangaraja tersebut dinilai Sihar sebagi kunjungan inspiratif. Karena mampu memberikan banyak ide baru dalam penataan daerah.

Cawagub Sumatera Utara (Sumut) yang maju diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, kunjungannya ke beberapa situs bersejarah dan melihat keindahan alam Danau Toba seperti menemukan Toba yang natural yang tersembunyi dikelilingi gunung.

Bahkan saat melihat dari ketinggian, Cawagub Sumut yang mendampingi Djarot Saiful Hidayat itu mengaku melihat takjub bentang alam yang cukup indah itu. "Ditambah lagi kekayaan kultur dan panorama yang tidak ada duanya," katanya, Selasa (20/3/2018) di Bakara.

Sihar mengatakan, inspirasi yang ditemukannya adalah penataan pemerintahan oleh Raja Sisingamangaraja. Karena raja tersohor dari tanah Batak tersebut dikenal dunia sebagai raja yang melindungi warganya. Termasuk melindungi dari hak-hal sosial dan demokrasi.

"Ide ini kan dimulai dari sini, dan kita harus melestarikan dan menjadikannya sebagai objek wisata yang tetap mengedepankan kearifan lokal dengan mengusung masyarakat sebagai tuan rumah dan pengembangan wilayahnya," katanya.

Selama di Baktiraja, Sihar mengunjungi  Istana Sisingamangaraja di Desa Simamora. Kemudian mengunjungi Tombak Suku-suku di desa Marbun, serta Air Terjun Janji. Sihar juga mengatakan, paduan alam dan budaya di Baktiraja atau Bakara merupakan paduan keserasian hidup.

"Jadi kita bisa belajar banyak, dan mengembangkannya bersama-sama," katanya. (red/rls)

Iklan

Loading...
 border=