Terbaru

UTD PMI Gunungsitoli Berdiri, Begini Tata Cara Permintaan Darah Untuk Pasien

Pengurus PMI Gunungsitoli saat dilantik |Foto
Budi Gea
Gunungsitoli,- Unit dan pelayanan Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Gunungsitoli telah resmi berdiri dan beroperasi di wilayah Kota Gunungsitoli. UTD itu sendiri berada di jalan Yos Sudarso tepatnya di Kantor Pengurus Kota PMI Gunungsitoli.

Selain itu, pengurus UTD PMI Gunungsitoli juga telah dibentuk. Pada Sabtu (10/03/2018) Ketua PMI Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli melantik pengurus UTD.

Kepala UTD adalah dr. Betaria Marito Hutauruk, Bidang Administrasi dan keuangan adalah Jenny D. Harefa, ST, Bidang Laboratorium  Tri Julita Zebua, AM.AK dan Anggotanya adalah Ade Pebriani Zega, A.Md.AK. Bidang Pelayanan Kesehatan Purnamasari Kalviani Gulo, A.Md.Kep dan Katarina Ndruru, A.Md.Kep sedangkan Bidang Perlengkapan dan peralatan adalah Marselinus Sarumaha, S.Pd.

Sekretaris PMI Kota Gunungsitoli Daniel Gunawan ketika berbincang dengan wartanias.com, Selasa (13/03/2018) menjelaskan tata cara pendistribusian darah dari UTD kepada pasien yang membutuhkan.

Menurut Daniel, Pada PERMENKES RI Nomor 83 tahun 2014 tentang Unit dan Pelayanan Transfusi Darah menugaskan UTD PMI berkewajiban mencari darah dan mendistribusikan darah di Rumah Sakit, Puskesmas dan klinik. Institusi tersebut akan bekerjasama dgn PMI melalui MoU tentang distribusi darah.

"Jadi PMI yg akan mengirim darah di institusi tersebut. Untuk Rumah Sakit harus memiliki Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) dan berkewajiban menggunakan darah untuj ditransfusi ke pasien," jelasnya.

Pasien menurut dia tidak lagi mencari darah kesana kemari.  Pasien yang lagi dirawat dan membutuhkan darah disarankan untuk memiliki BPJS karena BPJS yang akan menanggung biaya darah tersebut.


Ditambahkannya, pada Aksi Donor Darah yang digelar PMI Gunungsitoli pada 10-11 Maret 2018 lalu di taman Yaahowu, pihaknya telah berhasil mengumpulkan darah sekitar 80 kantong. Darah tersebut kemudian akan dikelola di UTD PMI yang telah terbentuk. (Budi Gea)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara