Terbaru

Dana 500 Juta Disiapkan Untuk Penyusunan Sejarah Pembentukan Nias Barat

Bupati Nias Barat saat melantik Tim Perumus
| Foto : Humas Nias Barat
Nias Barat - Pemerintah Kabupaten Nias Barat berencana menyiapkan anggaran sebesar Rp. 500 Juta untuk penyusunan Sejarah Pembentukan Kabupaten Nias Barat hingga pencetakkan bukunya. Hal itu disampaikan Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely saat membuka Dialog Publik ke II penyusunan sejarah pembentukan Kabupaten Nias Barat, bertemoat di Tokosa Hall, Senin (14/5/2018).

"Kita juga akan bangun Tugu Sejarah Pembentukan Nias Barat ini dengan persiapan Dana sebesar Rp. 500 Juta yang kita tuangkan pada DPA Bagian Tata Pemerintah (TAPEM) kita berharap DPRD bisa satu pemahaman akan hal ini,"ujar Bupati.

Bupati berharap pada Perayaan HUT Nias Barat yang ke-10 pada 26 Mei 2019 nanti, Sebanyak 500 Examplar Buku Saku Sejarah Pembentukan Nias Barat dapat disebar sementara untuk Tahun 2018 akan dilaunching Sejarah Pembentukan Nias Barat, setelah Tim Perumus menyelesaikan tugasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Ormas SALOM,  Yasiduhu Gulo saat menyampaikan sambutan menungkapkan bahwa Pembentukan Kabupaten Nias Barat adalah buah dari serentetan gerakan yang di prakarsai oleh beberapa tokoh dari Aekhula yang saat itu berdomisili di Gunungsitoli. Yang ujungnya pembentukan Ormas SALOM yang singkatannya, Yang selanjutnya dibentuklah Badan Persiapan Pembentukan (BPP) Kabupaten Nias Barat, Perwakilan Medan dan Perwakilan/Tim Fasilitasi Jakarta.

Pada hari itu, Bupati juga melantik Tim Perumus Sejarah Pembentukan Kabupaten Nias Barat yang bekerja menghimpun seluruh catatan dan dokumen menjadi sebuah buku yang dapat bercerita buat para pembaca.

hadir dalam Dialog itu, Sekda Nias Barat Bapak Saba'eli Gulo, Ketua DPWK-PMNBI, Zemi Gulo, Mantan Sekda Nias Fg. Marthin Zebua, Anggota DPRD, Raradodo Daeli, Mantan Anggota DPRD Luter Daeli dan Setieli Gulo, Ketua FKUB Pdt. Yasaro Daeli,  Assisten III Yamonaha Waruwu dan Sejumlah Pejabat Eselon II/Pimpinan OPD lingkup Pemkab Nias Barat. (Red/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara