Terbaru

Dinas Perikanan Nias Utara Himbau Nelayan Bentuk Koperasi

Kantor Dinas Perikanan Nias Utara |Foto:
Istimewa

Nias Utara,- Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara menghimbau Kelompok-kelompok Nelayan di Nias Utara untuk segera membentuk Koperasi Nelayan.

Karena menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua dengan adanya Koperasi Nelayan maka semakin mempermudah bagi nelayan untuk mengusulkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan ke Kementrian Perikanan dan Kelautan maupun ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara.

"Ketika kita menyampaikan proposal usulan berbagai sarana dan prasarana bagi nelayan-nelayan kita di Nias Utara ke Kementrian Perikanan dan Kelautan dan begitu juga ke Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumatera Utara, kita tetap diminta untuk melampirkan dokumen Koperasi Nelayan pada setiap proposal. Sementara hingga saat ini hanya empat Koperasi Nelayan yang telah terbentuk di Nias Utara," tutur Sabar Jaya Telaumbanua saat ditemui  Wartanias.com diruang kerjanya, Kamis (17/05/2018).

Dijelaskannya, tahun ini sebanyak dua Koperasi Nelayan di Nias Utara telah mengusulkan bantuan kapal ke kementerian dan menurut informasi setiap Koperasi Nelayan tersebut akan menerima 5 atau 6 unit bantuan kapal yang 3 hingga 5 gross ton.

"Coba kalau ada 10 koperasi nelayan yang ada di Nias Utara tahun ini dikali 5 unit saja bantuan kapal sudah 50 unit, jadi cukup luar biasa dampak ketika nelayan kita membentuk sebuah Koperasi Nelayan ini," jelasnya.

Sabar Jaya menambahkan pihaknya akan mengoptimalkan Koperasi-koperasi nelayan di Nias Utara tahun 2018 ini melalui Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL) terus mendorong para nelayan serta memberikan pemahaman pentingnya sebuah koperasi itu. (HaogĂ´ zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara