Terbaru

Belum Difungsikan, Mesin Pengolah Sampah Di Puskesmas Awaai Dipastikan Berkarat

Mesin pengolah sampah yang tidak berfungsi
|Foto: istimewa
Nias Utara, - Mesin pengolah sampah yang berada di Lokasi UPT Puskesmas Perawatan Plus Awaai Kecamatan Sitoluori Kabupaten Nias Utara dipastikan sudah berkarat. Padahal mesin tersebut belum pernah difungsikan.

"Kita juga belum tahu pasti apakah dari awal diterima mesin itu berfungsi atau tidak, mesin itu pastinya berkarat karena sudah lama belum di fungsikan, memang kemarin sudah kami bicarakan tentang mesin ini sebetulnya termasuk mendatangkan tenaga teknisinya, Kita coba manfaatkan mesin itu," terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara, Yaadil Telaumbanua saat ditanyakan penyebab belum difungsikannya mesin tersebut, Senin (4/6/2018).

Meski demikian, Yaadil memastikan akan segera memanfaatkan mesin Pengolah sampah tersebut. Guna mengurangi kapasitas sampah yang sudah terlalu banyak di dekat Puskesmas Awaai.

Beberapa hari sebelumnya, seorang Pegawai UPT Puskesmas Perawatan Plus Awaai yang tak ingin namanya disebutkan menyatakan bahwa mesin tersebut hanya ada satu di Nias Utara dan belum difungsikan hingga saat ini

"Mesin itu memang sudah mencapai puluhan tahun belum di fungsikan, untuk mengolah sampah dari kemasan obat-obatan. Mesin ini anggarannya dulu dari pusat dan hanya satu mesin ini di Nias Utara." tutur Pegawai itu, Minggu (27/5/2018).

Padahal warga setempat berharap mesin itu dapat difungsikan guna menunjang kebutuhan puskesmas dalam pengolahan sampah. Apalagi dengan berfungsinya mesin itu, dipastikabdapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Nias Utara. Karena akan diperlukan tenaga teknis dalam mengoperasikan mesin tersebut.

"Coba dioperasikan mesin itu beberapa tahun yang lalu ini, pasti tenaga kerja dari Nias utara tertampung untuk bekerja tidak harus ke luar negeri lagi menjadi TKI," tutur Kris Zendrato. (HaogĂ´ zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara