Terbaru

Pemkab Nias Selatan Laksanakan Pelatihan Pengelolaan Dapur Umum

Pelatihan dapur umum |Foto: istimewa
Nias Selatan - Untuk memberikan kesiapsiagaan menghadapi bencana, Anggota PKK, Karang Taruna dan PSM diberikan pelatihan pengelolaan dapur umum nelalui Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan bertempat di Hotel Hernelis Telukdalam, Jumat (29/6/2018).

Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, dalam arahannya menghimbau seluruh peserta pelatihan untuk mengikuti dengan baik. Agar pelatihan tersebut dapat dipahami dan mampu menerapkannya bila suatu waktu terjadi bencana.

" Pemerintah, Masyarakat dan pihak Swasta memiliki peranan penting dalam penanggulangan bencana. Hal ini diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana," ujarnya.

Sebelumnya Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intansani Haria  menjelaskan bahwa pengelolaan dapur umum merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam kondisi tanggap darurat setelah terjadi sesuatu bencana, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi para korban bencana. Sehingga penanganan dan evakuasi pasca bencana dapat berjalan dengan baik. 

“Hal ini perlu diketahui para Anggota PKK, Karang Taruna dan tim relawan agar kesiapsiagaan menghadapi bencana menjadi kebiasaan (habit) dan tertanam dalam perilaku (behavior) bagi masyarakat sehingga mampu melayani para korban bencana dalam hal pelayanan makanan yang cepat dan tepat dengan mengedepankan kualitas makanan yang lebih higienis,” ujar Intansani Haria. (Tri Buaya/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara