Terbaru

Pemkab Nias Utara Jalin Kerjasama Dengan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional

Bupati Nias Utara saat menandatangani
Kerjasama di Jakarta |Foto: istimewa
Nias utara,- Pemerintah Kabupaten Nias Utara menjalin kerjasama dengan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk Pemanfaatan, pengembangan data dan informasi penginderaan jauh dalam mendukung pembangunan di Nias Utara, Kamis (05/07/2018).


Hal ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bupati Nias Utara, Marselinus Ingati Nazara dengan Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc yang dilaksanakan di Kantor Pusat LAPAN lantai IV Jakarta pada hari Rabu 4 Juli 2018 lalu.


Sekretaris LAPAN, Prof Erna Sri Adiningsih mengatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar dan nyata dalam mengoptimalkan pemanfaatan, pengembangan data dan informasi penginderaan jauh untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Nias Utara. 


"Aspek perencanaan, pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya yang ada di Kabupaten Nias Utara kami dari Pihak LAPAN siap melakukan pendampingan, penyediaan data dan informasi penginderaan jauh yang dibutuhkan, maupun pendampingan pelatihan sumberdaya manusia yang di butuhkan Kabupaten Nias Utara khususnya dalam bidang penginderaan jauh," ujar Erna. 


Sementara Bupati Nias Utara, M. Ingati Nazara menjelaskan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo atas kunjungannya di Kepulauan Nias pada tanggal 19 Agustus 2016 yang menyatakan bahwa Potensi terbesar di Pulau Nias ada dua sektor, yaitu pertama  Sektor Pariwisata dan kedua Sektor Perikanan. 

"Untuk itu bahwa Pemerintah Daerah berusaha menggali potensi tersebut untuk dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Nias Utara. Maka didasari dengan ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara berusaha menggali potensi tersebut untuk dapat dikembangkan di wilayah Kabupaten Nias Utara," ujarnya. 


Bupati berharap kerjasama ini mampu membawa dampak besar terhadap Nias Utara secara khusus pada sektor Kelautan dan Perikanan.

"Kiranya kerjasama dan kebersamaan ini dapat berjalan sesuai dengan masa waktu yang telah ditentukan tanpa mengecualikan prosedur dan mekanisme sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku," ucapnya. 

Selain itu, Bupati Nias Utara juga menjelaskan bahwa tujuan Penandatangan Perjanjian Kerjasama tersebut adalah untuk memiliki  harapan yang besar terhadap penyediaan data penginderaan jauh yang dibutuhkan, pemanfaatan data dan teknologi penginderaan jauh serta sistem informasi geografis, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam pengolahan dan analisis data penginderaan jauh, penelitian dan pengembangan bidang penginderaan jauh, diseminasi dan publikasi serta kegiatan lainnya yang disepakati khususnya di bidang Kelautan dan Perikanan dapat terwujud dan terlaksana dengan baik. 

"Segala bentuk teknis yang berkaitan dengan Perjanjian Kerjasama ini kami serahkan ke Satuan Perangkat Daerah Teknis sebagaimana tertuang dalam perjanjian kerjasama ini," kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua mengatakan bahwa setelah adanya perjanjian kerjasama ini, Pihak LAPAN siap memberikan data harian dan mingguan tentang titik koordinat dan peta wilayah dimana nelayan dapat menangkap ikan.

Untuk sektor pertanian, LAPAN juga dapat memantau dan menghitung luas sawah padi seluruh wilayah kabupaten suatu daerah, termasuk mengawasi perkembangan pertumbuhan padi hingga panen, dan pemetaan kawasan lahan strategis lainnya yang dibutuhkan oleh daerah. 


"Mengawali pemanfaatan teknologi penginderaan jauh ini, kami menyediakan pelatihan gratis yang terbuka bagi seluruh ASN daerah yang berkeinginan untuk belajar setiap minggu pertama setiap bulannya dan tentunya selama waktu kerjasama selama 3 tahun ke depan, maka pemerintah daerah dapat menyusun prioritas kegiatan yang mau dilakukan untuk tujuan pembangunan terutama sektor kelautan dan perikanan serta pariwisata," ucapnya. 

Acara penandatanganan Kerjasama itu dihadiri dari Sekretaris Utama LAPAN Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih beserta seluruh jajaran Pejabat Fungsional di LAPAN. Sementara dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara, selain Bupati Nias Utara, M Ingati Nazara juga turut dihadiri oleh Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara, Yusman Zega, A.Pi, M.Si dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si. (Haogô zega)

Iklan

Loading...
 border=