Terbaru

Wali Kota Gunungsitoli Hadiri Rakernas XIII APEKSI 2018 di Tarakan

Wali Kota Gunungsitoli saat rapat APEKSI
|Foto: istimewa
Gunungsitoli,- Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) kembali berkumpul di kota Tarakan, Kalimantan Utara dalam pelaksanaan Rakernas XIII APEKSI.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kayan Fuction Hall Hotel Tarakan Plaza dari tanggal 25-26 juli 2018.

Wali Kota Gunungsitoli Lakhomizaro Zebua turut hadir langsung dalam perhelatan tersebut. Selain Wali kota, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah di kota Gunungsitoli juga hadir disana. 


Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional di Awali dengan Welcome Dinner yang dilaksanakan di Taman Berkampung Kota Tarakan yang di hadiri Walikota seluruh Indonesia dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Rapat Kerja Nasional.


Menteri Dalam Negeri yang di wakili Dirjen Otonomi Daerah DR. Sumarsono, MDM tampak membuka secara resmi rapat kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia itu dengan ditandai pemukulan gong.


Dalam sambutannya Sumarsono menekankan kerja sama daerah dalam mensejaheterakan rakyat. Hal itu merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan.

Hal tersebut menurut dia juga telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam pasal 363 sampai pasal 369 yang mengatur tentang Kerja Sama Daerah. 

“Kerjasama ini harus didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik," ujarnya. 

Sejak berdiri pada tahun 2000, APEKSI telah mengambil peran yang besar dalam upaya membantu kota anggota. 

Seluruh Kota di Indonesia kini memiliki kesempatan untuk mengawali pembentukan Asosiasi di tingkat nasional yang benar-benar demokratis otonom.

Organisasi Apeksi dari sejak dini dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar diperlukan kota-kota (anggota). Dalam rangka membantu maksud tersebut, bentuk organisasi dan gagasan mengenai peran dan lingkup kegiatan-kegiatan yang mungkin diemban Apeksi dapat pula disusun berdasarkan pengalaman Asosiasi Pemerintah Daerah yang sudah terbentuk dan terbukti sukses di tingkat internasional. (red/rls)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara