Terbaru

Pendamping PKH Nisut Akan Tanya Kemensos Terkait Dana PKH yang Belum Cair

Noferman Jaya Gea |Foto: Haogô Zega

Nias Utara,- Koordinator Pendamping PKH Kabupaten Nias Utara, Noferman Jaya Gea berjanji akan mempertanyakan ke Kementrian Sosial dana PKH yang lebih satu tahun belum dicairkan ke rekening penerima di desa Botolakha, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara selama satu tahun lebih. Namun pihaknya tidak menjamin apakah dana tersebut akan dicairkan nantinya sebab perbedaan tahun anggaran.

"Saya dan juga pak kepala dinas sosial sudah mengirimkan surat ke kementrian sosial untuk mempertanyakan hal ini dan sampai saat ini belum kami terima balasan dari surat itu, dalam waktu dekat ini ada pertemuan di kementerian sosial di Jakarta akan kami pertanyakan langsung ke sana, karena ini tugas dan beban moral kami. 
Kasihan teman-teman pendamping dilapangan selalu dituding oleh masyarakat penerima PKH," ucap Noferman Jaya Gea saat ditemuk wartanias.com diruang kerjanya kantor Dinas sosial Kabupaten Nias Utara, Selasa (31/7/2018).

Dijelaskannya, kejadian tidak tersalurnya dana PKH ke dalam rekening penerima manfaat bukan hanya terjadi pada masyarakat Botolakha, tapi diseluruh Indonesia juga beberapa desa mengalami hal yang sama sejak beralihnya penyaluran dari kantor Pos ke Rekening.

"Yang menginput dana PKH ini bukan pendamping, tapi dari Kementrian sosial ke BRI pusat barulah ke BRI cabang melalui sistem aplikasi, jadi masalah tentang keuangan ini ya pasti di BRI lah itu," katanya.

Dia pun mengaku bahwa ratusan warga yang belum menerima dana PKH itu dari Desa Botolakha masih berstatus sebagai penerima PKH.

"Belum ada pemberitahuan dari Kementrian sosial kalau mereka itu tidak menerima lagi, jadi memang belum masuk uang itu ke rekening mereka namun saya tidak bisa menjamin dana 2017 itu masih ada ataupun tidak karena sudah beda tahun anggaran," tambah Noferman.

Ia menegaskan bahwa pendamping PKH tidak terlibat dalam penyaluran uang, karena pendamping PKH menurutnya hanya mendampingi dan melaporkan ketika ada permasalahan yang dialami penerima PKH.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah  Warga penerima manfaat PKH di Desa Botolakha protes karena Lebih Satu Tahun Dana PKH di Botolakha Belum Dicairkan. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara