Terbaru

Pemerintah Kabupaten Nias Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli |Foto: Istimewa
Nias, - Pemerintah Kabupaten Nias menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang ke-73 tahun 2018 bertempat di lapangan Beringin Hiliweto Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sabtu (10/11/2018).

Pada upacara tersebut, Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli hadir sebagai pembina upacara dan sekaligus membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Agus Gumiwang Kartasasmita.

"Setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya," bunyi amanat Menteri Sosial yang dibacakan oleh Bupati Nias. 

Dikatakannya bahwa di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

"Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya," tutur Sokhiatulo. 

Ditegaskannya bahwa peringatan Hari Pahlawan bukan hanya sebuah acara namun harus syarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

"Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah 'Semangat Pahlawan Didadaku' mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi Bangsa dan Negara," terang Sokhiatulo.

Lebih lanjut, Sokhiatulo juga menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan, merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

"Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhimya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara," bunyi amanat Menteri Sosial yang masih dibacakan oleh Bupati Nias. 

Turut hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Nias, SKPD Lingkup Kabupaten Nias, unsur TNI, Polri, ASN Lingkup Kabupaten Nias dan beberapa peserta upacara lainnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara