Terbaru

Hasil Panen Padi Capai 8 Ton/Hektar, Produktivitas Pertanian di Nias Utara Meningkat

Kadis Pertanian Nias Utara Idaman Hulu |
Foto: Haogô Zega
Nias utara,- Persentase sektor pertanian di Kabupaten Nias Utara meningkat signifikan, pada tahun 2018 ini hasil panen perdana tanaman padi mencapai 8,16 ton per hektar. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, Idaman Johan Hulu.

"Puji Tuhan, pada tahun 2018 ini hasil pertanian kita cukup memuaskan, kemarin Pak Bupati panen raya di sawah lasara kecamatan sawo dan hasil panen tanaman padi disana mencapai 8,16 ton per hektar," ucap Idaman Johan Hulu saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (30/11/2018).

Melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di masing-masing kecamatan, pihaknya mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok tani, karena itu salah satu syarat untuk mendapatkan berbagai bantuan pertanian dari pemerintah.


"Sekarang disetiap desa telah kita tempatkan PPL supaya mempermudah masyarakat dan kelompok tani untuk berkomunikasi dan menyampaikan keluhan-keluhan tentang pertanian," tambahnya.

Ditambahkannya, pada tahun 2018 banyak masyarakat Nias Utara yang telah kembali bertani sawah, sebagian lahan-lahan tidur telah difungsikan kembali.

"Kita harapkan kedepan kerjasama yang baik, petani ada semangatnya untuk bertani, PPL dapat melaksanakan fungsinya sebagai pendamping dan penyuluh pertanian, dan Pemerintah juga dapat memfasilitasi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan produksi di sektor pertanian," harap Idaman. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara