Terbaru

Sekda Nias Utara Akan Sidak Sumber Air Yang Diduga Tidak Bersih di Maziaya

Sekda Nias Utara Yafeti Nazara |Foto: Haogô
Zega

Nias Utara,- Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Utara, Yafeti Nazara akan memanggil Kadis PUPR dan Kepala UPTD, bahkan berencana minggu depan akan melakukan sidak dengan meninjau lokasi sumber mata air yang baru dibangun didesa maziaya kecamatan Lotu karena diduga tidak higienis dan berasal dari aliran pembuangan warga.

"Segera saya panggil Kadis PUPR bersama Kepala UPTD untuk merencanakan minggu depan meninjau langsung lokasi sumber mata air yang baru dibangun itu di maziaya," ucap Yafeti Nazara saat ditemui wartanias.com diruang kerjanya Kantor Bupati Nias Utara di Lotu. Kamis (29/11/2018).

Ditegaskannya, jika benar sumber mata air di maziaya tersebut tidak higienis maka dipastikan melalui Dinas PUPR akan memindahkan ke sumber mata air yang lain, karena anggaran pembangunan sumber air itu sebesar tiga miliar lebih.

Yafeti Nazara yang peduli akan kebutuhan masyarakat itu mengatakan tahapan yang dilakukannya untuk membuktikan higienis sumber air tersebut nantinya adalah mengecek secara fisik dan secara kimia.

"Kita cek secara fisik dulu, apabila ada aliran air lain yang terkontaminasi dengan sumber mata air itu, airnya berkeruh atau tidak bening, berbau dan berwarna maka air seperti itu pasti kotor dan tidak boleh dikonsumsi. Kemudian kita akan cek secara kimia yaitu apakah tidak ada bakteri, tidak mengandung zat-zat kimia lainnya melalui laboratorium," jelasnya.

"Kita harapkan sumber air yang bersih, minggu depan bersama-sama kita kunjungi langsung lokasi sumber air itu termasuk dari Dinas Lingkungan Hidup," tambahnya. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara