Terbaru

Wilayah Nias Utara Diguncang Gempa Bumi Kekuatan 4,9 SR

Peta wilayah yang djguncang gempa
|Foto: BMKG
Nias Utara,- Gempa Bumi Tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Nias Utara dan Sekitarnya, Selasa (11/12/2018) pukul 19:47 malam ini. Gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Stasiun Geofisika Gunungsitoli Djati Cipto melalui keterangan tertulisnya, Selasa (11/12/2018).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,23 LU dan 97,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km arah Barat Kota Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Propinsi Sumatera Utara pada kedalaman 23 km.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," ujar Cipto.

Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatra.

"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah di Duria Lolofitu Moi Nias Barat, Lahewa Nias Utara, dan Gunungsitoli, dengan skala intensitas II - III MMI," terangnya. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami Hingga pukul 20.09 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tambahnya. (Budi Gea)

Iklan

Loading...
 border=