Terbaru

Diduga Korupsi Dana BOS, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lotu Dilaporkan

Surat laporan kasek SMAN 1 Lotu |Foto:
Istimewa

Nias Utara,- Kepala SMA Negeri 1 Lotu Kabupaten Nias Utara dilaporkan oleh sejumlah guru di sekolah tersebut melalui surat ke Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Cq Kepala Cabang Dinas Pendidikan Gunungsitoli, Minggu (17/2/2019).

Laporan pengaduan tersebut tertanggal 14 februari 2019 yang ditandangani oleh empat orang guru SMA N 1 Lotu, diantaranya Eliyusuf Zega, Saur Romantua Lase, Aprianus Zega, dan Bowosokhi Gea. 

"Kami atas nama guru-guru SMA N 1 Lotu kabupaten Nias Utara menyampaikan laporan pengaduan kepada bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara bahwa kami tidak senang dengan kepemimpinan Kepala SMA N 1 Lotu," isi surat tersebut.

Didalam surat pengaduan itu, turut diuraikan beberapa hal yang terjadi dan dialami oleh guru-guru SMA N 1 Lotu selama ini yaitu:

1. Kepala SMA N 1 Lotu mengelola dana BOS dengan tidak transparan kepada guru-guru dan tata usaha sejak tahun 2014 hingga sekarang, 

2. Pengelolaan pembangunan di SMA N 1 Lotu dilaksanakan oleh kepala sekolah tanpa melibatkan panitia yang telah ditetapkan,

3. Kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah lebih mengarah pada penekanan kepada guru-guru sehingga terjadi ketidak harmonisan.

4. Melakukan perekrutan dan pemberhentian kepada GTT secara semena-mena tanpa alasan yang jelas.

"Kami berharap kepada bapak kepala dinas pendidikan provonsi sumatera utara untuk mengevaluasi dan melakukan pembinaan kepada kepala SMA N 1 Lotu secara serius, sehingga tidak menimbulkan kerugian-kerugian terutama dalam kegiatan belajar mengajar dan persiapan dalam mengikuti ujian sekolah dan ujian nasional pada hari yang akan datang," harap guru-guru yang mendatangi surat tersebut.

Tembusan surat laporan pengaduan tersebut, disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Inspektorat provinsi sumatera utara, Inspektorat kabupaten nias utara, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, dan Kapolres Nias.

Hingga berita ini diturunkan, wartanias.com masih berupaya mengkonfimasi kepada Kepala SMA N 1 Lotu, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara