Terbaru

Pemerintah Harus Mencari Sumber Perekonomian Baru Di Pulau Nias

Sihar saat bertemu tokoh masyarakat di Nias
|Foto: Ferry Harefa

Gunungsitoli, - Calon Legislatif DPR-RI dari Daerah Pemilihan 2 Sumatera Utara periode 2019-2024, Sihar P. H Sitorus menyatakan bahwa untuk memajukan daerah di Kepulauan Nias, Pemerintah Pusat harus mencari sumber pertumbuhan perekonomian yang baru.

Hal itu disampaikan Sihar saat menggelar pertemuan dengan sejumlah Tokoh Masyarakat Kepulauan Nias dalam rangka memperkenalkan dirinya sebagai salah satu kandidat Caleg DPR-RI serta upaya pemenangan Jokowi -Ma'aruf sebagai Capres dan Cawapres pada bulan April mendatang bertempat di Aula Pertemuan Pantai Kaliki Gunungsitoli, Senin (04/02/2019).

"Selama ini pertumbuhan ekonomi di kepulauan Nias masih belum optimal, artinya istilah Tertinggal, Terluar dan Termiskin (3 T) masih melekat dan belum berubah. Oleh karena itu, kepulauan Nias harus keluar dari posisi penyandang istilah 3 T tersebut," tegasnya.

Selain itu, Sihar juga menyebutkan bahwa saat ini Pemerintah diharapkan agar tidak hanya fokus dan melirik Kabupaten dan Kota yang besar-besar saja, tetapi harus melirik daerah-daerah terpencil seperti kepulauan Nias ini.

"Pertanyaannya ialah ketika hal tersebut bisa terwujud maka siapkah masyarakat kepulauan Nias untuk ikut mengambil bagian dan terlibat di dalamnya. Artinya apakah masyarakat kita telah siap menyambut pertumbuhan perekonomian tersebut," kata Sihar.

Dikatakannya bahwa untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan pendidikan dan beberapa hal yang lain yang dapat mendukung impian masyarakat kepulauan Nias secara umum.

"Namun jika hanya pendidikan saja pun tidak cukup karena ada satu resiko yang harus dihadapi yakni ketika putra-putri Nias mendapatkan pendidikan terbaik, mereka harus memiliki berkeinginan untuk tetap tinggal di Nias untuk mengaktualisasikan dirinya. Karena jika tidak maka sampai kapanpun Nias tidak akan memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan akan tetap kosong dari orang-orang yang cerdas orang-orang yang pintar-pintar," papar Sihar.

Selain itu, Sinar juga menghimbau agar masyarakat Kepulauan Nias senantiasa mampu membangun lingkungan yang sehat, sehingga para anak muda yang sekarang ini mempunyai keinginan dan pikiran yang mau untuk kembali dan mengabdi ke Pulau Nias. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara