Terbaru

Petani di Nias Utara Akan Terima Bantuan Alat Pertanian dari Pemerintah

Kadis ketahanan pangan dan pertanian
Nias Utara |Foto: Haogô Zega
Nias Utara,- Kelompok Tani di Nias utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan menerima bantuan yang bersumber dari APBN Pemerintah Pusat tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Nias Utara, Idaman Johan Hulu menjelaskan bantuan kepada kelompok tani tahun 2019 ini merupakan usulan melalui proposal pada tahun sebelumnya.

"Melihat keterbatasan anggaran daerah untuk memperhatikan kelompok tani, maka pada tahun sebelumnya kami mencoba menyampaikan proposal usulan bantuan ke kementerian juga ke pemerintah provinsi, dan itu yang akan kita terima tahun ini," kata Idaman Johan Hulu saat ditemui diruang kerjanya, Senin (18/3/2019).

Dijelaskannya, khusus dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia akan menguncurkan dana ke nias utara untuk pembangunan Balai Penyuluh Pertanian (BPP), selain itu alat-alat mesin pertanian juga akan diberikan.

"BPP ini nantinya akan kita alokasikan di kecamatan tugala oyo, sumber anggarannya dari dana alokasi khusus APBN," ucapnya.

Tidak hanya itu, Kementerian Desa dan Transmigrasi juga akan menguncurkan bantuan untuk pembangunan gudang pangan di nias utara, ditambah lagi alat-alat mesin pertanian.

"Selain dua kementerian itu yang akan memberikan bantuan, Dinas Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Utara melalui Satuan Kerja (satker) juga akan memberikan bantuan kepada kelompok tani di nias utara berupa benih padi, jagung dan kedelai," tambahnya.

Menurut Idaman johan hulu, Bantuan yang diterima nias utara pada tahun ini dari pemerintah pusat sesuai hitungan estimasi mencapai 4 miliar.

"Kita terus menyampaikan usulan bantuan melalui proposal ke pemerintah pusat, dengan cara ini para kelompok tani sedikitnya dapat terbantu," tutur idaman. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara