Terbaru

Warga Lasara Sowu Pasang Spanduk Penolakan Panitia Pilkades


Spanduk yang dipasang warga |Foto:
Istimewa
Gunungsitoli, - Sejumlah masyarakat Desa Lasara Sowu Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli menggelar aksi penolakan terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di wilayah tersebut, Jumat (08/03/2019).

Aksi protes tersebut mereka sampaikan dengan memajang spanduk di depan Kantor Desa Lasara Sowu yang bertuliskan 'Kami Menolak Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu Yang Penuh Kecurangan dan Ketidakadilan. Mohon Dibubarkan Panitia Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu'.

"Pemasangan spanduk ini merupakan bentuk protes keberatan dan protes kami sebagai masyarakat terhadap pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu yang telah bermasalah dan cacat oleh karena ulah panitia Pilkades," ujar salah satu tokoh masyarakat Desa Lasara Sowu, Faozisokhi Ziliwu.

Dia juga menyebutkan bahwa masyarakat sangat menyesali pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu tersebut, karena menurut dia dalam prosesnya, panitia sudah terang-terangan melanggar aturan. 

Namun dia merasa heran karena tahapan serta panitia tersebut tetap dipertahankan.
Selain itu, dia juga berharap agar Panitia Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu yang dipilih pada Tahun 2018 itu seharusnya dibubarkan serta dibentuk atau diusulkan lagi menjadi pelaksana Pemilihan Kepala Desa Lasara Sowu dengan komposisi kepanitiaan yang berbeda.

“Pilkades Lasara Sowu telah dibatalkan pelaksanaannya pada bulan Desember 2018 yang lalu. Dan hal itu terjadi karena kegagalan Panitia dalam menjaga integritas dan tidak kredibel serta tidak indenpenden dalam menjalankan fungsinya," tuturnya dengan nada kesal.

Lebih lanjut, dia juga menegaskan bahwa pemilihan Kepala Desa merupakan proses penentuan masa depan Desa Lasara Sowu
“Penentuan pimpinan dalam desa merupakan penentuan masa depan desa itu sendiri. Kami berharap kepada semua pihak agar bisa bekerjasama sama guna menghindari pergesekan sosial ditengah-tengah masyarakat," harapnya.

Sebelumnya, terkait polemik Pilkades ini, wartanias.com telah berupaya melakukan konfirmasi kepada Pj. Kepala Desa Lasara Sowu yang juga merupakan Camat Gunungsitoli Utara, Momimotani Zega pada Rabu (06/03/2019), namun sampai saat ini belum ada respon dari konfirmasi tersebut. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara