Terbaru

Herman Jaya Harefa Dilaporkan Terkait Foto Syur Yang Beredar 'Mirip' Dirinya

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli |Foto: dok
WNC

Gunungsitoli,- Ketua DPD Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Peduli Nias (GPN) Sonifati Mendrofa melaporkan ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa ke Badan Kerhomatan DPRD Kota Gunungsitoli terkait foto Syur (mesum_red) yang beredar di media sosial Facebook yang mirip dengan dirinya, Senin (08/04/2019.

Foto syur diduga ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa sekaligus ketua DPC Partai Demokrat Kota Gunungsitoli itu tampak sedang berpelukan dengan seorang perempuan cantik di sebuah kolam renang. Foto Syur tersebut beredar luas di media sosial Facebook sejak Kamis, 28 Maret 2019 lalu.

Foto-foto Syur tersebut disebarkan oleh akun Facebook Harmoko Harefa dan dikomentari beragam komentar, ribuan like dan dibagikan.

Sonifati Mendrofa menyampaikan laporan resmi melalui suratnya nomor: 007/DPD-LSM GPN/GST/04/2019 kepada ketua Badan Kerhomatan (BK) dengan melampirkan bukti screnshoot postingan sejumlah akun Facebook yang dia nilai sudah viral dan meresahkan netizen.

Laporan tersebut diterima oleh Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Gunungsitoli, Senin (08/4/2019) pagi tadi.

"Perbuatan foto Syur atau foto mesum yang saya duga mirip ketua DPRD Herman Jaya Harefa tidak mencerminkan nilai etika sebagai pimpinan lembaga DPRD sehingga dapat menjatuhkan martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas lembaga DPRD serta mencederai amanah dan kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat," ujar Sonifati.

Ia berharap Badan Kehormatan DPRD Kota Gunungsitoli dapat menindaklanjuti laporannya tersebut karena ketua DPRD kota Gunungsitoli diduga telah melanggar kode etik sebagai anggota dewan.

"foto yang tersebar di media sosial dan diduga sebagai Herman Jaya Harefa itu menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak patut bagi seorang pimpinan DPRD sebagaimana dimaksud dalam pasal 126 ayat 2 huruf b PP nomor 12 tahun 2018," tuturnya.

Sonifati juga menambahkan bahwa apabila foto tersebut adalah ketua DPRD kota Gunungsitoli maka dipastikan yang bersangkutan tidak bisa menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD.
'Tidak hanya disini, saya juga berencana melaporkan foto-foto Syur ini kepada penegak hukum dalam waktu dekat," tegasnya.

Sementara itu, anggota Badan Kehormatan DPRD Kota Gunungsitoli Alisokhi Harefa saat dikonfirmasi terkait laporan tersebut mengatakan bahwa pihaknya masih belum menerima.

"sampai saat ini laporan tersebut masih belum sampai kepada kami. Mungkin masih di sekretariat," ujar Alisokhi di DPRD Kota Gunungsitoli, Senin (08/04/2019).

Alisokhi menjelaskan apabila laporan tersebut telah sampai ke meja badan kehormatan, maka BK akan melakukan rapat untuk mengkaji sejauh mana kebenaran laporan tersebut.

"Kalau laporannya sudah sampai maka nanti BK akan melakukan rapat dan mengkaji laporan tersebut," ujarnya singkat.

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa yang juga dikonfirmasi terkait laporan tersebut tidak berucap banyak.
Ia mengatakan bahwa pelapor foto Syur yang diduga mirip dirinya itu sedang tidak ada kerjaan.

"Jawaban saya adalah yang melaporkan itu tidak punya kerjaan dan dan silahkan dilaporkan saja. Itu aja cukup," ujar Herman yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (08/04/2019) siang. (red)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara