Terbaru

Logistik Pemilu Belum Sampai, Pemungutan Suara Dibeberapa TPS Nias Selatan Terkendala

Lokasi TPS disalah satu Kecamatan Siduaori
| Foto : Istimewa
Nias selatan, - Pelaksanaan Pemungutan suara pemilu Tahun 2019 di beberapa tempat pemungutan suara di Kabupaten Nias Selatan terkendala akibat belum sampainya logistik pemilu hingga hari pemilihan, Rabu (17/4/2019).

Salah seorang anggota KPPS di Kecamatan Siduaöri Kabupaten Nias Selatan, Valentinus Nduru  melalui pesan whatsapp sekitar pukul 10.30 WIB menyampaikan bahwa dilokasi tempat pemungutan suara (TPS) tempatnya bertugas belum memulai pemungutan suara. Padahal tenda tempat pelaksanaan telah disiapkan.

"Didesa kami hari ini tidak terlaksana pemilu 2019 dan juga diseluruh desa di kecamatan siduaöri juga tidak melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara 2019 disebabkan oleh belum terdistribusinya logistik pemilu di kecamatan" jelasnya

Dia menyampaikan pihak panwascam sudah menghubungi ke KPU kabupaten Nias Selatan dan sesuai informasi yang diperoleh logistik untuk kecamatan siduaöri masih berada di gudang logistik KPU Nias Selatan.

Kendala pelaksaan pemungutan suara juga terjadi Desa Sikhori Lafau Kecamatan Aramö. Namun terkendalanya proses pemungutan suara di Desa Sikhori Lafau diakibatkan logistik pemilu yang sampai telah tertukar.

"Di kecamatan aramö sampai saat ini belum dilaksanakan pemungutan dan perhitungan surat suara disebabkan oleh tertukarnya logistik pemilu, yang seharusnya dapil kami adalah Dapil II, namun logistik yang masuk Dapil IV" jelas Ketua PPS Desa Sikhori Lafau, Oktafianus Buulolo.

Selain itu, diketahui melalui status facebook mantan Ketua KPU Nias Selatan, Sumangeli Mendrofa. Logistik pemilu untuk wilayah kecamatan Lolowau baru mulai diterima Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lolowau pagi hari tadi.

"Kotak Suara dari Kpu Kabupaten Nias Selatan baru tiba di Kantor PPK LOLOWAU Pukul 08.14 Wib,,, Kapan sampainya di Desa dan TPS ? Semoga ada solusi,
LAPOR KETUA KPU RI Arief Budiman, Ketua KPU SUMUT Yulhasni," tulisnya dalam status tersebut dengan menyertakan foto suasana saat logistik pemilu tersebut.

Selang dua jam berikutnya, Sumangeli kembali mengungah tulisan yang menyatakan bahwa sekitar pukul 10.35 WIB logistik pemilu untuk DPRD propinsi baru tiba di kantor PPK Lolowau.

Hingga sampai saat ini wartanias.com masih berupaya menghubungi pihak KPU Kabupaten Nias Selatan serta Pihak Bawaslu Kabupaten Nias Selatan. (Tri Buaya)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara