Terbaru

UN SMP dan USBN SD Terlaksana Dengan Baik Di Nias Utara

Marison Zalukhu
| Foto : Haogo Zega
Nias Utara,- Pelaksanaan Ujian Nasional  tingkat SMP/MTs, dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI telah terlaksana dengan baik di Kabupaten Nias Utara. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara, Marison Rianus Zalukhu, saat di wawancarai wartanias.com diruang kerjanya kantor dinas pendidikan di lotu, Rabu (24/4/2019).

Dijelaskannya Ujian nasional SMP/MTs di Nias Utara dilaksanakan dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan  Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Yang melaksanakan ujian nasional UNBK sebanyak 14 SMP, dan UNKP sebanyak 44 SMP, dengan jumlah keseluruhan peserta ujian sebanyak 3.433 siswa," kata Marison.

Sementara untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD/MI selain mengujikan materi dengan kurikulum 2013, juga masih ada SD yang menggunakan KTSP.

"Sebanyak 164 SD di kabupaten nias utara telah melaksanakan USBN, dengan jumlah keseluruhan peserta ujian 3.584 siswa," tambahnya.

Jadwal pelaksanaan ujian untuk SMP telah dimulai tanggal 22 sampai 25 april 2019, sementara ujian tingkat SD sesuai juknis dilaksanakan dihari yang bersamaan yaitu tanggal 22 sampai 24 april 2019.

"Untuk SMP yang diujikan mata pelajaran bahasa indonesia, matematika, bahasa inggris, dan IPA, sementara untuk SD yaitu matematika, IPA, dan bahasa indonesia," tuturnya.

Marison menambahkan, untuk pengawasan pelaksanan ujian nasional tersebut dengan cara silang murni, yang artinya seorang guru itu mengawasnya di sekolah lain dengan SK dari Dinas Pendidikan.

Diakhir keterangannya dijelaskan, pada pelaksanaan ujian nasional ini di kabupaten nias utara ada empat posko pengamanan yaitu Dinas Pendidikan bersama Polpos Lotu, Polsek Tuhemberua, Polsek Lahewa, dan Polsek Alasa. (HaogĂ´ Zega)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara