Terbaru

Fraksi PDI-P Harap Retribusi Jasa Usaha di Gusit untuk Kesejahteraan Masyarakat

Asogo Zega dari Fraksi PDIP |Foto: BG
Gunungsitoli, - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Gunungsitoli mengharapkan agar retribusi jasa usaha yang akan diterapkan melalui Perda di Kota Gunungsitoli untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) saat menyampaikan pandangan umum pada rapat paripurna pembahasan mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Kedua Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Retribusi Jasa Usaha di ruang rapat DPRD Gunungsitoli, Senin (13/05/2019) lalu.

Dalam rapat yang digelar bersama Pemerintah Kota Gunungsitoli itu, Fraksi PDI Perjuangan menyebutkan bahwa sumber kekayaan Pemerintah Daerah yang paling dominan saat ini dalam bentuk Pendapatan Asli daerah (PAD) adalah pajak dan Retribusi Daerah.

"Dimana kedua sumber PAD dimaksud subjeknya adalah masyarakat, maka sudah barang tentu pendapatan yang berasal dari kedua sumber tersebut harus dikembalikan kepada masyarakat secara tidak langsung yakni dalam bentuk pelayanan dan peningkatan pembangunan disegala sektor yang tentu saja muaranya untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ujar anggota Fraksi PDIP Asogo Zega. 

Selain itu, Fraksi ini juga mengatakan bahwa Ranperda tentang Perubahan Kedua Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2013 tentang Retribusi Jasa Usaha dalam perjalanannya cukup banyak berpengaruh khususnya terhadap dinamika dan perkembangan perekonomian masyarakat saat ini.

"Sehingga tuntutan agar regulasi tersebut segera dirubah merupakan suatu hal yang perlu disikapi dengan arif," tegasnya. 

Ia juga menyatakan bahwa pada prinsipnya, Fraksi PDI Perjuangan mendukung langkah Pemerintah Kota Gunungsitoli dalam merevisi Perda Nomor 4 Tahun 2013 tentang Retribusi Jasa Usaha untuk meningkatkan potensi sumber-sumber penerimaan daerah khususnya dari sektor retribusi jasa usaha.

"Karena hal ini merupakan bagian dari semangat Pemerintah dalam menjalankan asas pembangunan yang tetap berprinsip pada 3 hal yakni Mengkonstruksi Potensi, Memproporsi Sumber Daya serta Mengefektifkan Manajemen Kontrol dalam meningkatkan perekonomian Kota Gunungsitoli yang tentu hal ini butuh didorong dengan cepat, dikontrol dengan efektif dan dievaluasi secara berkelanjutan," harapnya. (Ferry Harefa

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara