Terbaru

Wagub Sumut Cek Kesiapan Nias Selatan Sebagai Tuan Rumah Sail Nias

Wagubsu bersama Bupati Nisel |Foto: istimewa 
Nias Selatan,- Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah memimpin rapat dengan jajaran OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan guna memastikan kesiapan Nias Selatan sebagai tempat Opening Ceremony Sail Nias 2019, rapat tersebut dilakukan di Ruang Rapat Kantor Bupati Nias Selatan, yang terletak di Jalan Arah Sorake Km. 5 Desa Bawonahono, Teluk Dalam, Nias Selatan, Selasa (21/5/2019).

"Saya melihat Nias Selatan mempunyai potensi wisata yang baik, oleh karena itu saya menilai sangat layak menjadi tempat untuk pembukaan event bertaraf internasional Sail Nias 2019," ucap pria yang akrab disapa ljeck. 

Kemudian, untuk menunjang pendapatan UMKM bidang kuliner, Wagub Sumut akan membagikan sertifikat halal pada beberapa tempat makan di Nias Selatan.


"Akan ada sertiflkasi halal di rumah rumah makan yang ada di Nias Selatan, lalu nanti makan yang ada di Nias SeIatan, lalu nanti kita juga akan pemberian kapal kepada para nelayan untuk mendukung acara Parade Kapal Nelayan, yang nantinya juga bisa digunakan untuk menambah penghasilan, lalu akan diupayakan terbentuknya koperasi ne|ayan,“ tambah Ijeck. 

Wagub Sumut pun menyampaikan akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 4 Miliar untuk mempercantik dan melakukan pembenahan Pelabuhan Baru Teluk Dalam untuk persiapan Sail Nias 2019. 

"Saya pahami akan keterbatasan kita dalam dana, untuk itu Pemprov akan alokasikan dana sebesar Rp 4 miliar," terang Wagub Sumut. 

Untuk diketahui, nantinya akan ada banyak atraksi yang dilakukan di Nias SeIatan, antara lain Kegiatan 1000 Tenda, Parade kapal Nelayan Tradisional, Tarian Perang Kolosal yang diikuti sebanyak 700 orang penari, lalu juga ada Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat, lalu juga ditampilkan Tarian Fame Afe, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung, terakhir ada Festival Lompat Batu yang akan diikuti 100 orang pelompat, lalu juga ditampilkan Tarian Fame Afe, Festival Budaya Kepulauan Batu, Demo Udara dan Terjun Payung, terakhir ada perlombaan Surfing International WSL Nias Pro 2019 untuk menyemarakan Sail Nias 2019. (Tri Buaya/rls)

Iklan

Loading...
 border=