Terbaru

Sambut HUT Ke-51, BPJS Kesehatan Gusit Gelar Sosialisasi Hidup Sehat Dengan Prolanis

Sosialisasi oleh BPJS Kesehatan |Foto:
Istimewa 
Gunungsitoli, - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 51 Tahun 2019, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gunungsitoli menggelar sosialisasi Hidup Sehat Melalui Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Gunungsitoli, Kamis (27/06/2019).

Dalam kegiatan yang bertemakan 'Know and Win' Kepala Bidang (Kabid) Penjaminan Manfaat Primer, Hasnur Ferya Khomaini dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"BPJS Kesehatan selalu berupaya memberikan inovasi yang bertujuan untuk memberi kemudahan serta  memberikan manfaat yang tepat guna dan tepat sasaran. Disisi lain, kegiatan Know and Win ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi seputar pentingnya menjaga pola hidup sehat dalam memerangi penyakit kronis yang kian hari, kian meningkat," tuturnya 

Lebih lanjut, Hasnur menyebutkan bahwa dalam menjaga pola hidup sehat bagi peserta Prolanis, sangat dibutuhkan support system dari berbagai pihak, yaitu diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan tim Prolanis terpadu. 

"Secara berkala, tim prolanis harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan minimal 1 kali dalam 1 bulan, menyusun rencana perawatan peserta dan target perawatan, memberikan obat kepada peserta sesuai dengan ketentuan setiap bulan, melakukan pemeriksaan penunjang secara rutin, melakukan evaluasi status kesehatan minimal 1 kali dalam satu bulan, dan melakukan tata laksana terapi sesuai dengan kompetentis dan kewenangan," katanya. 

Menurut dia, dengan menjalankan serangkaian kegiatan tersebut, pihaknya berharap dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi peserta Prolanis itu sendiri. 


Sementara itu, peserta Prolanis Puskesmas Gunungsitoli Selatan, Ariadu Mendrofa menyampaikan bahwa dirinya merasakan manfaat kegiatan Prolanis yang dikelola oleh Puskesmas tersebut. Menurut dia, kegiatan prolanis ditempatnya sudah berjalan dengan baik dan mendatangkan manfaat yang bisa dirasakannya dan peserta lainnya. 

"Ditempat saya terdaftar, ada beberapa kegiatan yang sudah berjalan secara baik, seperti olahraga senam, pemeriksaan kesehatan, dan sosialisasi kesehatan. Tentunya kegiatan ini sangat membantu kami para penderita penyakit kronis dalam menjaga pola hidup sehat. Melalui kegiatan ini, saya memiliki komunitas yang saling menjaga dan mengingatkan untuk menjaga gaya hidup sehat," terangnya.

Diakhir acara, Hasnur menyampaikan harapan agar peserta Prolanis tetap menjaga pola hidup sehat dan aktif dalam kegiatan Prolanis di tempat peserta terdaftar. 

"Saya berharap kita sama-sama menjaga gaya hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit. Terlebih untuk peserta yang telah memiliki riwayat penyakit kronis, kita harus memahami bahwa gaya hidup sehat adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi," tuturnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara