Terbaru

Warga Negara Asing Di Pulau Nias Perlu Mendapat Pengawasan Semua Pihak

Sekda Kota Gunungsitoli
| Foto : Istimewa
Gunungsitoli, - Keberadaan orang atau Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan beragam kegiatan di Pulau Nias perlu mendapat pengawasan semua pihak untuk mengantisipasi kegiatan-kegiatan ilegal. Pengawasan dilakukan dengan tidak mengurangi rasa nyaman warga asing yang sedang melakukan perjalanan wisatanya. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gunungsitoli Agustinus Zega saat menyampaikan sambutannya di Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing (Pora) yang diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga bertempat di Wisma Soliga Kota Gunungsitoli, Kamis (18/07/2019) 

"Keberadaan orang atau Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak," kata Agustinus mengawali sambutannya pada rapat tersebut.

Dikatakannya bahwa koordinasi antar instansi sangatlah penting dan mutlak dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

"Dilihat dari posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang, maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia  atau yang sering dikenal dengan istilah Human Trafficking, penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang seperti narkoba, psikotropika serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya yang dapat mengancam stabilitas negara dan daerah," tuturnya mengingatkan. 

Selain itu, dia juga menyebutkan bahwa kehadiran orang maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan, sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. 

"Terlebih dalam upaya kita untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing di Kepulauan Nias ini, namun  dampak negatifnya juga harus tetap diwaspadai," tambahnya mengingatkan.

Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda baik dari Kodim 0213/Nias dan Polres Nias beserta perwakilan Pemerintah Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=