Terbaru

BPJS Gusit Mantapkan Pemberian Informasi Program Melalui Kader JKN

Kader JKN- KIS beri penyuluhan |Foto:
Istimewa 
Nias, - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gunungsitoli melalui mitra kerja yang disebut dengan Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memberikan kemudahan bagi peserta dalam mendapatkan informasi program JKN-KIS.

Hal tersebut terlihat saat salah seorang Kader JKN Kabupaten Nias, Yarni Mercyanti Telaumbanua melakukan pendaftaran peserta, pengumpulan iuran JKN-KIS, dan pemberian informasi kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Nias, Rabu (14/08/2019).

"Menjadi Kader JKN, artinya harus siap melayani kebutuhan peserta. Harus siap mendengarkan keluh kesahnya. Harus siap mendengarkan curhatannya dan harus siap mengalami penolakan," kata Mercyanti.

Dia juga menambahkan bahwa tidak sedikit orang yang menyambut niat baik ini dengan penuh sukacita. 

"Dengan menjadi Kader JKN, saya telah menjadi alaram bagi orang-orang sekitar, yang mengingatkan mereka untuk menjalankan hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS," tambahnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Mercy selalu bersemangat berkunjung ke rumah-rumah warga dari pintu ke pintu. Kegiatan ini sehari-hari dijalaninya secara konsisten, penuh semangat serta hati yang ihklas. Karena baginya menjadi Kader JKN adalah pekerjaan yang menantang dan mulia. 

"Hal tersulit saat menjadi Kader JKN adalah menjalankan fungsi penagihan iuran JKN-KIS. Banyak faktor yang melatarbelakangi, diantaranya kemampuan ekonomi masyarakat dan kemauan masyarakat dalam melakukan pembayaran iuran," ungkapnya. 

Namun Mercyanti juga selalu menyampaikan kepada peserta, bahwa dengan membayar iuran JKN-KIS secara rutin dan tepat waktu maka keluarga akan terhindar dari besarnya biaya pelayanan kesehatan dan terhindar dari ketidakmampuan finansial keluarga dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Selain memberikan informasi, Mercyanti juga memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah bagi peserta JKN-KIS yang melakukan pembayaran iuran. 

"Berhubung saya memiliki latarbelakang pendidikan perawat, dan dibekali kemampuan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah, saya berpikir mengapa tidak saya manfaatkan untuk membantu sesama. Memang, jika dipikir secara logika, pemeriksaan tekanan darah ini adalah hal yang sangat sederhana, namun saya selalu berprinsip untuk memulai kebaikan dari hal-hal yang sederhana namun bermakna," ujarnya. 

Manurut dia, hal yang terpenting ialah keinginan untuk melakukan dan juga setia dengan perkara-perkara kecil, agar kelak dapat melakukan perkara yang lebih besar untuk dikerjakan dikemudian hari.

"Saya berharap, pelayanan yang saya berikan sebagai Kader JKN dapat memberikan manfaat bagi peserta JKN-KIS, khususnya yang berada di wilayah binaan saya," harapnya. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
 border=