Terbaru

Yosua SP Waruwu Jadi Utusan Sumut di Parlemen Remaja Indonesia 2019

Yosua SP Waruwu di Gedung DPR RI |Foto:
Istimewa 
Nias,- Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Gido Yosua Syah Putra Waruwu terpilih menjadi utusan Sumatera Utara dalam kegiatan Parlemen Remaja Indonesia Tahun 2019 di Jakarta. 

Dalam pers rilisnya kepada wartanias.com, Yosua Waruwu mengatakan ia terpilih dari ribuan peserta dari Sumatera Utara melalui seleksi ketat dengan seleksi CV dan Video. 

"Kita patut bersyukur karena saya terpilih satu-satunya dari Kepulauan Nias. Saya berhasil lolos setelah dimentoring oleh Tim dari Sinunö Nono Niha sebuah projek terbaru dari Arif Wardiman Lase yang membantu anak-anak Nias untuk berprestasi," ujarnya, Minggu (08/09/2019).

Ia menjelaskan Sekretariat Jenderal dan Badan keahlian DPR RI, melalui Biro Pemberitaan Parlemen yang mengadakan kegiatan Parlemen Remaja yang diadakan tiap tahun sejak tahun 2008 silam tersebut. 

"Urgensi lain diadakannya kegiatan parlemen remaja adalah adanya amanat dari Asosiasi Parlemen Dunia (IPU) yang menetapkan tanggal 15 September sebagai “International Day Of Democracy”. Indonesia sebagai bagian dari keanggotaan IPU diamanatkan untuk menyelenggarakan kegiatan Parlemen Remaja sebagai wahana pendidikan Demokrasi," jelasnya. 

Untuk itu kegiatan Parlemen Remaja yang setiap tahun diselenggarakan DPR RI telah memberi dampak pada peningkatan pemahaman para remaja tentang bagaimana proses demokrasi dan proses politik bekerja di Negara kita. Selain itu dapat lebih mengenalkan para remaja mengenai DPR RI sebagai Lembaga Negara yang melaksanakan fungsi politik baik di bidang legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Kegiatannya berlangsung dari tanggal 2-5 September 2019 kemarin," ujarnya. 

Yosua menambahkan, bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mendidik remaja yang kritis dan mengetahui tentang proses politik di Indonesia sehingga akan memperkuat partisipasi publik dalam proses politik dan memahami tata cara berparlemen dan praktek debat politik di DPR-RI serta Meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang demokrasi. 

"Selain itu, tujuannya adalah menyuarakan aspirasi kelompok remaja dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan pandangan dan pemikiran politis dan membangun hubungan baru serta menggalang persahabatan abadi selepas pelaksanaan Parlemen Remaja ini," tambahnya. 

Adapun sejumlah kegiatan yang diikuti oleh Yosua Waruwu dalam kegiatan parlemen remaja tersebut adalah acara pembukaan di wisma DPR RI, mendengarkan materi persidangan, diskusi panel, Rapat dengar pendapat umum dan rapat komisi. 

Ia juga mengikuti seluruh tata cara dan agenda kegiatan anggota DPR seperti kunjungan ke rumah warga, Rapat Paripurna, rapat kerja, Rapat komisi dan simulasi rapat-rapat lainnya. (Red

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara