Terbaru

Bupati Sebut Peluang Investor Sangat Besar Untuk Memberdayakan Kabupaten Nias

Bupati Nias Sokhiatulo Laoli |Foto: istimewa 
Nias, - Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli menyatakan bahwa saat ini para investor memiliki banyak peluang dalam mengembangkan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Nias guna memberdayakan Daerah tersebut terutama di bidang pariwisata serta lahan kosong sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

"Kabupaten Nias merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang memiliki potensial yang tinggi seperti pantainya hingga gelombang laut. Kita tahu, gelombang laut di Nias sudah dikenal oleh dunia internasional, Namun yang menjadi kendala saat ini ialah para investor tidak akan mudah datang jika infrastruktur dan aksesibilitasnya tidak memadai,”sebut Bupati Nias kepada sejumlah wartawan baru-baru ini. 

Khusus daerah kepulauan dan pesisir, Bupati Sokhiatulo Laoli mengatakan juga masih sangat perlu dukungan dari pemerintah pusat. Menurut dia, tidak akan ada yang bisa dilakukan bila transportasinya tidak memadai.

"Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana kita membawa komoditas dari Nias ke luar daerah bila akses tidak memadai. Jadi semuanya hanya terkesan berupa konsumsi lokal saja. Akibatnya masyarakat juga jadi malas untuk memproduksi,” terangnya.

Dia juga menyebutkan. bahwa saat ini masih ada 122 dari 514 kabupaten dan kota yang masih masuk kategori daerah 9 tertinggal dan  Nias termasuk di dalamnya. 

"Meskipun ada perimbangan keuangan daerah, namun harus ada perlakuan khusus bagi daerah kepulauan dan daerah tertinggal," katanya menyarankan. (Ferry Harefa/rls) 

Iklan

Loading...
 border=
loading...

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara