Terbaru

Ini Beberapa Upaya Pencegahan Konflik Sosial Menurut Wabup Nias

Arosokhi Waruwu |Foto: istimewa 
Nias, - Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu mengatakan bahwa dalam upaya penanganan konflik sosial, setidaknya ada 4 langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan.

"Terkait dengan upaya penanganan konflik sosial ini, saya ingin menekankan pada upaya pencegahan, dengan memperhatikan beberapa Langkah-langkah pencegahan," kata Arosokhi dalam arahanya pada rapat tim terpadu penanganan konflik sosial tahun 2019 di Ruang Tengah Pendopo Kabupaten Nias, Selasa (15/10/2019).

Dalam arahannya tersebut Arosokhi terlihat menyampaikan keempat langkah-langkah yang dia maksud dihadapan peserta rapat pada saat itu.

"Adapun langkah-langkah yang perlu kita lakukan ialah yang pertama Bersama semua elemen masyarakat seperti tokoh agama tokoh adat dan pemuda turut memelihara kondisi damai dalam masyarakat," sebut dia. 

Kemudian yang kedua menurut dia yaitu Membangun sistem peringatan dini dengan memelihara hubungan baik, mengitensifkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya serta melaporkan sesegera mungkin setiap persoalan yang muncul di masyarakat untuk segera mendapatkan penanganan.

"Yang ketiga yaitu dengan meredam potensi konflik dengan senantiasa tanggap dalam menghadapi segala kemungkinan buruk yang akan terjadi dan sigap dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang muncul sekecil apapun sampai tuntas," tambahnya. 

Sedangkan yang keempat menurut dia ialah dengan cara mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada sesuai dengan kearifan lokal.

Sebelumnya dia juga menuturkan bahwa diperlukan upaya-upaya agar setiap potensi konflik yang ada tidak menjadi lebih besar dan dapat merugikan semua pihak.

"Terlebih lagi dinamika Sosial, Politik, Ekonomi dan Budaya yang selalu mengalami perubahan dan seiring dengan pesatnya kemajemukan teknologi menyebabkan terjadinya pergeseran nilai yang sulit dihindari," sebut Arosokhi. 

Pada kesempatan itu juga dia mengingatkan kepada  seluruh personil Tim, khususnya jajaran aparat keamanan agar mengedepankan fungsi deteksi dini dalam rangka menghasilkan peringatan dini untuk ditindaklanjuti menjadi kegiatan cegah dini guna mendukung stabilitas daerah di Kabupaten Nias. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara