Terbaru

Gempa 5,1 SR Terjadi Di Pulau Nias, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Pulau nias dalam peta |Foto: istimewa 
Gunungsitoli,- Gempa Bumi tektonik dengan kekuatan 5,1 SR mengguncang Pulau Nias, Selasa, 12 November 2019 pukul 18.42.50 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo  M=5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9. 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.87 LU dan 97.41 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 17 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara pada kedalaman 22 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yg menujam di bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun  (normal fault)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, RAHMAT TRIYONO dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/11/2019). 

Dijelaskannya, Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Gunungsitoli, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," katanya. 

Ia menambahkan bahwa hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. 

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," tutupnya. (Budi Gea

Iklan

Loading...
 border=