Terbaru

Oknum Calon BPD Di Desa Lauru Lahewa Diduga Pakai Ijazah Palsu

Balai Desa Lauru Lahewa |Foto: Haogo Zega 
Nias Utara,- Demi memenuhi persyaratan menjadi bakal calon Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di desa Lauru Lahewa Kecamatan Afulu, berinisial FZ diduga nekat palsukan ijazah.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari masyarakat desa lauru lahewa dengan identitas yang dirahasiakan untuk sementara, bahwa ada bakal calon BPD yang diduga telah memalsukan ijazah SLTP dan lolos pada tahap verifikasi panitia pemilihan BPD.   

"Kami mencurigai adanya dugaan pemalsuan ijazah yang diberikan oleh bakal calon BPD di desa kami, nampak dari penulisan namanya di fotocopy ijazah itu beda dengan tulisan lainnya, kami kurang tahu apakah sesuai aturan legalisir ijazah tersebut, mungkin panitia pemilihan BPD Lauru Lahewa lebih tahu pada tahap verifikasi berkas setiap calon saat itu," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa bakal Calon BPD bernama FZ itu dulunya tidak pernah menamatkan diri dibangku Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

"Pada tahun 2016 lalu, ada kompetisi yang diikuti oleh FZ ini dengan memberikan Ijazah SLTP yang sama dengan Ijazah yang diberikannya sekarang pada pencalonan BPD ini, saat itu tahun 2016 Kepala Sekolah asal yang tertulis pada ijazah tersebut telah mengeluarkan surat keterangan bahwa FZ ini tidak terdaftar sebagai siswa di sekolah yang dipimpinnya itu, tapi berdasarkan nomor induk pada ijazah dimaksud merupakan nomor induk orang lain, artinya ijazah yang digunakannya adalah ijazah milik orang lain dan direkayasa sedemikian rupa seolah-olah miliknya," tuturnya.

Kepala Desa Lauru Lahewa Kecamatan Afulu, Adimeri Zalukhu yang ditemui dirumahnya, selasa (17/12/2019) kepada wartanias.com mengakui tidak mengetahui sebelumnya terkait ijazah bakal calon BPD tersebut.

"Meski demikian kami akan menemui FZ nanti untuk menanyakan keabsahan ijazah ini, kita tidak akan memihak jika terbukti salah ijazah itu maka harus mengundurkan diri secepatnya sebagai bakal calon BPD," tegas Adimeri. 

Sebelumnya, FZ Pemilik Ijazah diduga palsu tersebut telah diupayakan dikonfirmasi, dihubungi melalui nomor telepon seluler miliknya juga tidak direspon. (Haogô Zega)

Iklan

Loading...
loading...