Terbaru

Bantuan Operasional PAUD Tahap II 2019 di Nias Utara Belum Cair

Foto ilustrasi anak PAUD |Foto: istimewa 
Nias Utara,- Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (BOP PAUD) Tahap II tahun 2019 lalu di Kabupaten Nias Utara hingga saat ini belum di terima oleh Lembaga PAUD meski sudah dulauan ditanda tangani diatas materai 6000, tanpa adanya penjelasan dari Dinas pendidikan kepada seluruh Lembaga PAUD, selasa (28/01/2020).

Hal itu disampaikan oleh beberapa Kepala Pengelola PAUD di Kabupaten Nias Utara  yang untuk sementara namanya tidak disebutkan saat berbincang-bincang dengan wartanias.com baru-baru ini.

"Mestinya dana BOP tahap ke dua itu sudah kami terima sebelum berakhir tahun 2019, padahal pada bulan desember yang lalu melalui Bidang PAUD dinas pendidikan menginformasikan kepada kami di grup WA untuk melengkapi semua administrasi pencairan, termasuk tanda terima pembayaran saat itu diminta kepada kami seluruh PAUD dan telah kami menandatangani diatas materai 6000, namun sampai saat ini dana BOP itu belum juga masuk direkening setiap lembaga PAUD," tutur kepala pengelola PAUD itu.

Hingga Saat ini juga, belum ada informasi dari bidang PAUD dinas pendidikan kabupaten nias utara terkait kendala pada proses pencairan dana BOP dimaksud.

"Setidaknya ada penjelasan dari dinas pendidikan sehingga kita tidak berasumsi yang lain-lain, karena tanda terima pencairan BOP PAUD tahap kedua itu duluan kami tandatangani diatas materai 6000 pada bulan desember 2019 yang lalu, semoga dinas pendidikan masih punya hati untuk mengurus pencairan dana BOP tersebut demi menunjang kegiatan belajar peserta didik di masing-masing PAUD," harapnya.

Hal ini dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara, Zul Makmur Telaumbanua mengatakan bahwa BOP PAUD tahap kedua itu telah masuk dalam Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) dan tidak dapat memastikan dana itu kapan disalurkan.

"Kendala Dana BOP PAUD itu karena keterlambatan pada SP2D bulan desember 2019 yang lalu, tapi dananya sudah masuk dalam RKUD tinggal pencairan, kapan pencairan kami tidak bisa memastikan karena lembaga PAUD mungkin saja diminta nanti melengkapi administrasi untuk pencairan," jawab Zul Makmur.

Karena telah duluan ditandatangani tanda terima terima oleh seluruh lembaga PAUD di nias utara sementara dana hingga saat belum dicairkan, untuk mengantisipasi pro dan kontra ditengah-tengah masyarakat wartanias.com akan terus mengkonfirmasi hal ini nantinya kepada BPKPAD, Komisi 2 DPRD Nias Utara, dan Bupati Nias Utara. (Haog├┤ Zega)
Tes

Iklan

Loading...
loading...