Terbaru

Pemdes Fadoro Gunungsitoli Idanoi Terus Tingkatkan Pembangunan Desa

Kades Fadoro Idanoi Krisma Farasi |Foto:
Ferry Harefa 
Gunungsitoli, - Pemerintah Desa Fadoro Kecamatan Gunungsitoli Idanoi terus komitmen dalam meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan di dalam desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Untuk tahun ini kita akan fokus melaksanakan beberapa item program pemberdayaan kepada masyarakat kita yang tujuannya ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa kita," ujar Kepala Desa Fadoro, Krisman E. Farasi dalam keterangannya saat dikonfirmasi Wartanias.com, Sabtu (15/02/2020).

"Saat ini di bidang Ekonomi, BUMDes sedang fokus dalam penanganan Objek Wisata Air Terjun Humogo, mereka sedang fokus memikirkan program-program kedepan. Seterusnya di bidang pertanian kita juga sedang fokus mendorong masyarakat kita untuk bertani. Baik petani karet maupun petani sawah. Kita merencanakan pelaksanaan pelatihan pembuatan pupuk fermentasi untuk meminimalisir kelangkaan pupuk selama ini," tuturnya. 

Seterusnya di bidang Pariwisata, pihaknya akan fokus untuk pembenahan Humogo yang mana dalam tahun ini akan diserahkan oleh pemerintah Kota Gunungsitoli kepada pemerintah desa Fadoro yang kemudian akan dikelola oleh BUMDes.

"Sekain Humogo, kita juga sedang memikirkan tempat-tempat lain yang bisa menjadi objek wisata, sehingga desa Fadoro tepat disebut sebagai suatu desa Wisata," katanya optimis. 

Lanjut dia, di bidang budaya pihaknya akan melaksanakan pelatihan-pelatihan kebudayaan untuk memupuk kebudayaan dari generasi ke generasi di dalam desanya.

"Karena kami melihat, semakin lama budaya-budaya dari leluhur hampir hilang seiring perkembangan zaman. Nah hal inilah yang perlu kita antisipasi dengan cara melakukan pelatihan kebudayaan guna mengingat kembali kebudayaan tersebut," tuturnya menjelaskan. 

Selanjutnya di bidang Keagamaan, pihaknya juga akan mengefektifkan beberapa kegiatan seperti perayaan-perayaan hari besar keagamaan.

"Selain itu, kita juga sedang berupaya melakukan pemberdayaan terhadap peningkatan SDM kaum muda, salah satunya ialah pelaksanaan Kursus Komputer yang saat ini telah kita mulai. Tujuannya ialah untuk meningkatkan pengetahuan para pemuda dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi," paparnya. 

Pada kesempatan itu juga dia mengharapkan adanya kerjasama dari seluruh pihak di dalam desa yang sedang dipimpinnya saat ini. 

"Secara pribadi dan pemerintahan desa saya berharap agar seluruh elemen didalam desa Fadoro untuk terus menjaga kekompakkan, baik para aparat perangkat desa maupun masyarakat desa. Sehingga kita bisa mewujudkan seperti apa desa yang maju dan berkualitas itu," ucapnya berharap. (Ferry Harefa)

Iklan

Loading...
loading...
 border=

Terbaru

Gunungsitoli

Nias

Nias Utara