Terbaru

Alat Rapid Test Virus Corona Belum Tersedia Di RSUD Gunungsitoli

dr. Hotman Purba |Foto: istimewa 
Gunungsitoli,- Alat untuk melakukan rapid tes virus corona (COVID-19) belum tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli. 

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pelayanan RSUD Gunungsitoli dr. Hotman Purba kepada wartanias.com lewat pesan WhatsApp, Rabu (25/03/2020) malam. 

Hotman Purba mengaku pihaknya memang telah melakukan pemesana alat rapid-testing corona tersebut namun masih menunggu dari Luar Negeri. 

"Belum ada....sampai saat ini... sudah di pesan bbrp hari yang lalu namun masih waiting list dari distributor ..... katanya menunggu dari luar negeri...Nanti kami infokan klo udah ready barang," ujar hotman lewat pesan singkat. 

Ia menjelaskan bahwa Alat Termoscan yang sering digunakan oleh petugas di bandara dan pelabuhan adalah hanya untuk cek suhu tubuh. 

"Termoscan ada... tapi perlu anda ketahui klo termoscan hanya alat cek suhu tubuh... di praktekku aja udah lama ada... untuk cek suhu tubuh pasienku apa deman apa tidak.... hanya itu fungsinya... bukan cek orang kena virus corona apa tidak....namun untuk memilah pendatang masuk  bandara apakah sakit demam apa tidak.... biar gampang memantaunya," tuturnya 

Sejauh ini Di RSUD Gunungsitoli, menurut dia untuk mengecek seseorang apakah Suspect virus corona atau tidak hanya dengan mempedomani Gejala dan Faktor Resiko. 

"Kita pedomani dari GEJALA dan FAKTOR RESIKO  sesuai pedoman dari Kemenkes," Jelasnya. 

Ketika ditanya kesiapan RSUD Gunungsitoli apabila dijadikan sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan Pasien Virus Corona, Hotman enggan mengomentarinya.

"No comment," sahutnya. (Budi Gea
Tes

Iklan

Loading...
loading...