Terbaru

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Bupati Nias Barat Larang ASN Dinas Luar

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely |Foto:
Eksa Zebua 
Nias Barat,- Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, telah melakukan Rapat Koordinasi terkait Penanganan Pandemik Covid-19 ditingkat Kabupaten bersama Jajaran OPD, Camat dan Kapus, Selasa, 17/03/2020 di Ruang Avo Bappeda. Salah satu hasil Rakor tersebut adalah melarang ASN melalukan perjalanan dinas luar daerah. 

Ditemui diruang kerjanya Rabu, 18/03/2020 Bupati Nias Barat menyampaikan beberapa hal mengenai langkah-langkah yang diambil untuk menyikapi penyebaran Covid19 di wilayah Nias Barat sesuai dengan Arahan Presiden Jokowi pada siaran Persnya 15/03/2020.

"Sesuai dengan pernyataan pak Presiden, Kepala Daerah bisa mengambil kebijakan tentang hal yang terakit dengan menyikapi ini (Covid19)," Kata Bupati.

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely mengambil kebijakan agar ASN di Nias Barat tidak melakukan Perjalanan Dinas Luar dan setiap kantor menyediakan Hand Sanitizer. 

"Juga sudah saya perintahkan semua OPD dan ASN ditunda dulu bepergian Luar Daerah, tiap kantor harus menyediakan Hand Sanitizer,  ini sangat membantu, kebijakan ini menyesuaikan perkembangan," Ujarnya. 

Selain itu, seluruh jajaran mulai dari OPD, CAMAT, KAPUS dan Kades, agar mensosialisasikan dan memberikan pemahan kepada masyarakat, agar menghindari kerumunan massa, Kontak Fisik, selalu Cuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih serta pola hidup sehat.

Kebijakan tentang apakah perlu meliburkan sekolah, Bupati mengatakan masih dikaji dan hari ini akan ditentukan apakah perlu diliburkan sekolah di Nias Barat.

"Mungkin hari ini kita ambil kebijakan disekolah, kita pertimbangkan apakah harus libur atau tidak," kata bupati.

Secara teknis untuk menangani pencegahan dan Penyebaran Civid19 di Wilayah Nias Barat, Bupati  sudah membentuk Satgas Gugus tugas percepatan penanganan Covid19, yang diketuai Sekda Prof. Fakhili, dengan Posko tingkat Kabupaten di Dinas Kesehatan, tingkat Kecamatan di Puskesmas masing-masing.

"Satgas terus berkoordinasi ditingkat RSU Gunungsitoli dan ditingkat Rumah Sakit Rujukan di Medan," tambahnya. 

Bupati  meminta masyarakat tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan dan kerjasama dengan pemerintah dalam hal mencegah Covid19 di Nias Barat.

"Tetap tenang, tidak panik, dan tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan agar penyebaran covid ini bisa kita hambat dan kita setop. Mudah-mudahan ini semua dapat berjalan kalau kita semua satu langkah, kita yakin tidak akan terjadi wabah pandemik ini di Nias Barat,"Harap Bupati. (Eksaudin Zebua
Tes

Iklan

Loading...
loading...