Terbaru

Ketua KPU Gunungsitoi: Kami Merekrut PPS Tidak Memakai Kacamata Kuda

Ketua KPU Gunungsitoi Firman N Gea |
Foto: Budi Gea 
Gunungsitoli,- Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Novrianus Gea menegaskan bahwa pihaknya dalam menjaring atau merekrut penyelenggara Adhoc Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 101 Desa Kelurahan di Kota Gunungsitoli tidak memakai "kaca mata kuda" ataupun kacamata hitam. 

Hal itu disampaikan Firman Novrianus Gea dalam pidatonya saat melantik 78 orang PPS di seluruh Desa Se-Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Minggu (22/03/2020) lalu. 

"Dalam menjaring PPS kami tidak memakai kacamata kuda atau kacamata hitam. Kami selalu melihat rekam jejak calon PPS tersebut, Kami juga melakukan seleksi administrasi, Seleksi tertulis, wawancara, kapasitas, kemampuan dan bagaimana karakter orangnya," tegasnya. 

Ia menjelaskan, pemilihan dan seleksi calon PPS di Kota Gunungsitoli berdasarkan penilaian 5 Komisioner KPU Kota Gunungsitoli. 

"Karena kami berlima yakin bapak ibu yang dilantik hari ini mampu dan layak menjadi PPS. Bukan sesuai penilaian orang lain, artinya kami berlima Komisioner KPU memberi penilaian tersendiri. Tidak ada faktor pertemanan, titipan Ata. saudara dalam perekrutan PPS ini," tegasnya. 

Firman juga mengatakan bahwa informasi yang beredar di sosial media Facebook akhir-akhir ini adalah merupakan perlakuan barisan sakit hati.

"Kan diproses ini kita telah membuka tanggapan masyarakat selama dua tahap dan itu kami sudah klarifikasi. Apa lagi yang kurang," tuturnya. 

Ia bahkan mengatakan sebelum pengumuman nama-nama PPS, ada sejumlah oknum yang menghubunginya sembari meminta bantu supaya meloloskan sejumlah nama titipan. Namun dia mengatakan tidak menghiraukan hal itu. 

"Ada beberapa yang menelepon saya, tolong dibantu, bagaimana bisa dibantu kalau tidak mampu, kalau dilarang Undang-Undang ya tidak bisa di pertahankanlah," sebutnya. 

Untuk itu, kepada PPS yang telah dilantik, Firman menitip pesan supaya kepercayaan yang telah diberikan KPU tidak disita-sialan. 

"Selamat bagi bapak ibu PPS yang dilantik dan Jaga Integritas," tambahnya. (Budi Gea) 
Tes

Iklan

Loading...
loading...