Terbaru

Camat Gustar Tebang Pilih Keluarkan Rekomendasi, Nehemia Harefa: Ada Apa?

Camat Gunungsitoli Utara saat di ruang rapat DPRD |Foto: Ferry Harefa 
Gunungsitoli, - Camat Gunungsitoli Utara (Gustar) Torotodo Zega mengeluarkan surat rekomendasi pemberhentian perangkat desa secara tebang pilih sehingga membuat anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Gunungsitoli, Nehemia Harefa mempertanyakan hal tersebut.

"Di dalam Permendagri nomor 67 tahun 2017 mengatur bahwa perangkat desa yang diangkat sebelum Permendagri ini ditetapkan, tetap melaksanakan tugasnya sampai batas SK pengangkatannya. Dan Permendagri ini lebih tinggi dari Perwal. Nah, ini masalah," kata Nehemia Harefa saat rapat kerja yang digelar di ruang rapat DPRD Kota Gunungsitoli, Jum'at (17/06/2020).

"Saya juga heran kenapa camat Gunungsitoli utara berani mengeluarkan rekomendasi terkait hal ini. Ada apa?. Ini menjadi pertanyaan untuk Pak Camat," sambung Nehemia.

Bahkan saat itu, Nehemia juga menyebutkan bahwa di Kota Gunungsitoli masih terdapat perangkat desa yang berijazah SMP. 

"Perlu kita ketahui bahwa masih banyak perangkat desa di Gunungsitoli yang masih berijazah SMP. Lalu ada apa dengan yang ini? Itu pertanyaan kami kepada Pak Camat," ujar Nehemia.

Nehemia juga pada saat itu mempertanyakan secara langsung kepada camat Gunungsitoli Utara  terkait perangkat desa yang tidak memenuhi syarat seperti yang dijadikan acuan keluarnya rekomendasi pemberhentian.

"Kami mau tanya kepada pak camat, apakah di Gunungsitoli utara terdapat perangkat desa yang tidak memenuhi syarat?," tanya Nehemia. 

Sementara, menanggapi pertanyaan tersebut, Camat Gunungsitoli Utara, Torotodo Zega mengakui bahwa di wilayah Gunungsitoli Utara masih terdapat perangkat desa yang tidak memenuhi syarat. Namun dianya belum mengeluarkan rekomendasi pemberhentian seperti yang diberlakukannya di desa Hilimbowo Olora.

"Memang masih ada di Gunungsitoli utara perangkat desa yang tidak memenuhi syarat, tetapi pemberian rekomendasi saat ini masih dalam proses," jawab Torotodo Zega dengan ekspresi gugup. 

Dari penuturan Camat Gunungsitoli Utara tersebutlah, Nehemia Harefa terlihat sangat menyayangkan keputusan Camat untuk mengeluarkan rekomendasi yang terkesan tebang pilih dan tidak konsisten.

"Harusnya penerapan peraturan itu konsisten pak camat. Tujuan kita agar semua ini tetap adil bagi semua orang," tutur Nehemia. (Ferry Harefa)
Tes

Iklan

Loading...
loading...