Terbaru

Diduga Langgar Netralitas ASN, Bawaslu Nisel Panggil Firman Giawa

Firman Giawa saat dipanggil oleh Bawaslu Nisel |Foto: istimewa 
Nias Selatan,- Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Nias Selatan memanggil Firman Giawa, Sekretaris Dewan Kabupaten Nias Selatan karena ikut serta saat pembacaan surat rekomendasi Calon Kepala Daerah yang dilaksanakan oleh DPW Partai Nasdem beberapa hari yang lalu.

Ketua Bawaslu Nias Selatan Alismawati Hulu saat dikonfirmasi oleh wartanias.com, Kamis (23/07/2020) membenarkan hal itu.

"Benar, kita panggil karena beliau sudah ikut serta saat pembacaan surat rekomendasi untuk bakal calon yang dikeluarkan oleh DPW Partai Nasdem di Medan beberapa hari yang lalu,"Tuturnya. 

Ditambahkannya untuk saat ini kita masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti bukti serta mendengar keterangan pihak - pihak terkait.

"Kalau nanti terbukti, maka kita serahkan ke lembaga yang berwenang yaitu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),"Ujarnya.

Sementara itu Anggota Bawaslu Pilipus Sarumaha Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) menjelaskan bahwa aturan tentang Netralitas seorang ASN sudah tertuang di dalam Undang - Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2018 serta diperkuat dengam adanya MOU antara Bawaslu RI dengan KASN.

"Bapak Firman Giawa ini kami duga melanggar aturan ASN Nomor 5 Tahun 2014, Peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2018 dan MOU antara Bawaslu RI dengan KASN dimana menegaskan larangan untuk terlibat dalam berpolitik praktis,"Jelasnya.

Pihaknya pun menghimbau kepada seluruh ASN yang berada dilingkup Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk tetap menjaga Netralitasnya.

"Kami himbau bagi seluruh ASn untuk tetap menjaga netralitas dengan tidak memberikan dukungan kepada paslon manapun,"Tegasnya.

Dia juga menekankan bahwa pihaknya akan tetap bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkan Pilkada 2020 yang jujur dan adil.

"Kami tegaskan, kami tidak pernah ada niat untuk menjatuhkan elektabilitas paslon manapun, kami bekerja sesuai dengan aturan dan tupoksi kami,"Pungkasnya. (Tri Buaya)

Iklan

Loading...
loading...