Terbaru

Orari Kepulauan Nias Berperan Penting dalam Komunikasi Bencana

Tim Orari Lokal Kepulauan Nias |Foto: istimewa 
Gunungsitoli,- Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal Kepulauan Nias memiliki peran yang penting dalam kebencanaan. Orari memberi dukungan komunikasi radio dalam tanggap darurat bencana (Core) dan dukungan komunikasi radio pada kegiatan-kegiatan penting lainnya.

Seperti yang terjadi pada, Rabu 22 Juli 2020, Tim Orari lokal kepulauan Nias mendapat informasi bahwa ada kapal pencari ikan milik nelayan yang hilang kontak diduga karena kapalnya bocor. 

Sekretaris Orari Kepulauan Nias, Dahlan Miradana Zebua dengan Callsign YD6SSE didampingi 
Ketua Bidang Organisasi Orlok Kepulauan Nias Anas Dahlan Gea Callsign YC6SDV langsung tanggap dan membantu pencarian dengan langsung memantau melalui udara (Komunikasi Radio) dan sempat berkomunikasi kepada beberapa kapal yang melintas dari kota sibolga menuju ke pulau nias. 

"Kita sempat berkomunikasi dengan Kapten Kapal KMP Belanak dan KMP Wira Prime untuk memantau apabila dalam perjalanannya menemukan kapal nelayan yang hilang kontak tersebut," ujar Alan, Kamis (23/07/2020). 

Kapten kapal menurut dia merasa senang dan welcome terhadap tim Orari yang sedang melacak kapal yang loss kontak tersebut. 

"Walaupun pada akhirnya kapal yang dimaksud sudah kembali ke pangkalannya yaitu di Moawo Gunungsitoli. Inilah salah satu fungsi radio yang sangat di butuhkan dalam pelayaran," ucapnya. 

Ditambahkannya, Orari di Kepulauan Nias bertujuan mewujudkan Amatir Radio Indonesia yang berpengetahuan dan terampil di bidang komunikasi radio dan teknik elektronika radio untuk diabdikan bagi kepentingan bangsa dan negara. (Ferry Harefa) 

Iklan

Loading...
 border=